BAGANSIAPIAPI - Untuk mendukung tata kelola menajemen yang handal untuk menggerakan koperasi,Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Rokan Hilir, Riau, Jumat (13/3/2020) melaksanakan pelatihan pengembangan manajemen koperasi Angkatan I di Bagansiapiapi.

Pelatihan Pengembangan Menajemen Koperasi Angkatan I ini dibuka Bupati Rokan Hilir, H Suyatno didampingi Kadis Koperadi UMKM, H Wazirwan Yunus.SSos, MSi dan diikuti pengurus koperasi yang ada di Rokan Hilir.

Suyatno di hadapan seluruh peserta menyebutkan pentingnya melatih diri dan melahirkan SDM dalam tata kelola menajemen koperasi yang baik.

''Pelatihan menajemen ini ilmu agar bisa mengelola koperasi dengan skill. Ikuti dengan baik, karena koperasi di Rohil ini sudah ada yang sukses dan dapat penghargaan secara nasional, misalnya dari Bagan Batu Kecamatan Bagan Senembah,'' jelas Suyatno di hadapan 60 peserta pelatihan yang di bagi menjadi 2 gelombang Angkatan I dan Angkatan II itu.

Kadis Koperasi dan UMKM Rohil, H Wazirwan Yunus SSos, MSi mengatakan, pihaknya terus membenahi dan membimbing serta membina koperasi yang ada dengan berbagai pelatihan menajemen. ''Yang pasti tugas kami membina usaha-usaha koperasi,'' ucapnya.

Disebutkan Wazirwan Yunus,koperasi yang baik dan sehat tentu dengan memiliki manajemen yang baik dan berkemampuan tata kelola. ''Pembukuan harus baik, usaha lancar, tata kelola dan menejemen terukur, inilah koperasi yang sehat,'' katanya mengingatkan.

''Dengan pelatihan ini diharapkan peserta mampu menjalankan tugas dan fungsi serta kedudukanya dalam mengelola koperasi hingga berkembang dan maju,'' jelasnya.

Disebutkanya, untuk penyaji materi pelatihan, pihaknya mendatangkan tutor dan instruktur dari Pekanbaru, ''Setiap angkatan pesertanya 30 orang atau 60 orang untuk dua angkatan,'' tutupnya. ***