PELALAWAN - Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu daerah penghasil kelapa sawit di Riau. Limbah terbesar dari kegiatan produksi kelapa sawit berupa Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS). Dengan memanfaatkan limbah produksi kelapa sawit ini, masyarakat Desa Kampung Baru, Kecamatan Ukui berhasil membudidayakan jamur merang.

Usaha yang tengah digeluti oleh masyarakat Desa Kampung Baru, mendapat sambutan positif dan dukungan bantuan dana dari pemerintah pusat.

''Iya, Desa Kampung Baru mendapat dana bantuan dari pusat untuk pengelolaan budidaya jamur ini,'' ungkap Anggota DPRD Pelalawan, Rinto S.Sos, Jumat (7/12/2018).

Dana bantuan sebesar Rp 1 miliar tersebut, dikucurkan dalam bentuk bantuan pengelolaan limbah sawit untuk budidaya jamur dan biogas.

"Nantinya, limbah tandan kosong kelapa sawit akan diolah dan menghasilkan jamur merang. Kemudian diolah lagi menghasilkan biogas," kata Rinto.

Selanjutnya, limbah dari biogas tersebut akan menghasilkan pupuk organik yang lansung bisa diaplikasikan ke pertanian dan perkebunan.

"Masyarakat berharap, agar nantinya Pemerintah Daerah (Pemda) Pelalawan juga membantu mendukung dalam mempromosikan dan pemasaran jamur merang, jamur sawit," tandas politisi Golkar kepada GoRiau. ***