TELUKKUANTAN – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Riau, Mohd Jahari Sitepu melakukan inspeksi mendadak ke Lapas Kelas IIB Telukkuantan, Senin (28/11/2022) malam. Ia memastikan Lapas terpadat kedua di Indonesia ini dalam kondisi yang kondusif.

Dalam sidak ini, Jahari Sitepu menemukan petugas pengamanan hanya lima orang. Ia mengapresiasi semangat para petugas dalam menjalankan fungsi pengamanan. Sebab, tidak mudah melaksanakan pengamanan di Lapas yang overload mencapai 650 persen.

"Lapas Kelas IIB Teluk Kuantan ini memiliki kapasitas normal hunian hanya 53 orang, namun saat ini dihuni sebanyak 343 orang. Artinya Lapas ini mengalami overload hunian sebesar 650%," ujar Jahari didampingi Kalapas Telukkuantan, Bejo.

Dengan kondisi ini, Jahari meminta agar petugas senantiasa siap siaga dan waspada dalam bertugas. Pastikan tidak ada warga binaan yang berada di luar kamar pada malam hari.

"Cek gembok kamar hunian dipastikan sudah terkunci dengan baik. Petugas jaga harus rutin kontrol keliling, siaga dan waspada. Jangan lengah sedikit pun," ujar Jahari.

Jahari juga berpesan kepada petugas agar dapat selalu mengayomi warga binaan.

"Perlakukan saudara-saudara warga binaan secara humanis, penuhi hak-hak mereka. Jangan sekali-kali kalian lakukan pungli, menyelundupkan HP, apalagi narkoba. Ketahuan dengan saya, saya sikat, saya pecat," tegas Jahari.

Kakanwil juga sempat berbincang dengan warga binaan, ia meminta warga binaan juga harus ikut serta menjaga dan memelihara kondusifitas lapas.

"Anggap saja ini rumah kita sendiri, mari saling menghormati dan menghargai satu sama lain, kita semua bersaudara," pesan Jahari ke warga binaan.***