PEKANBARU- Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, yakni Yudha Mahendri berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan pencak silat Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang diadakan di Gor Cempaka Putih, Jakarta.

Yudha berhasil menumbangkan atlet dari Jawa Barat dan 33 peserta yang ikut bertanding di Kelas 50-55 kg. Atas keberhasilan ini, ia dinyatakan lolos meraih tiket ke PON XX tahun 2020 di Papua.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur sekali. Dengan pemusatan latihan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau yang kurang lebih tiga minggu, mampu meraih hasil yang maksimal. Jika dibandingkan atlet dari provinsi lain mereka sudah training camp (TC) sejak 6 bulan lalu," sebut Yudha saat dihubungi melalui jaringan seluler, Kamis (28/11/2019).

Untuk diketahui, dalam tempo dua tahun Yudha berhasil menjadi juara dibeberapa kejuaraan diantaranya, Juara satu ASEAN pencak silat championship university student 2018, juara 3 POMNAS Jakarta 2019.

Selain Yudha, mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Unilak atas nama Elit Mutia juga meraih medali perunggu pada kejuaraan yang sama untuk nomor 50-55 kg.

Hal ini pun diakui oleh wakil rektor III Unilak Eddy Asnawi, bahwa Yudha dan Elit Mutia merupakan mahasiswa berprestasi di bidangnya.

"Memang Yudha dan Elit mahasiswa berprestasi, tentunya kami juga memberikan spirit bagi mahasiswa lain, untuk tingkatkan prestasi mahasiswa baik bidang seni, akademik, olahraga semoga Unilak semakin jaya," kata Eddy.

Sementara itu rektor Unilak, Junaidi mengucapkan selamat kepada Yudha yang meraih medali emas dan lolos PON, dan diharapkan dapat menjadi motifasi bagi mahasiswa lain untuk meraih prestasi di bidangnya masing-masing.

"Unilak terus memberikan penghargaan mahasiswa mahasiswa berprestasi baik akademik atau pun non akademik, dan semoga ini bisa menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk berpestasi,"katanya.***