TELUKKUANTAN - Acara penanaman perdana program pengembangan pisang kepok dengan luas tiga hektar kerjasama Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Universitas Riau dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Desa Talontam, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi.

"Kebun Percontohan ini diharapkan mampu menambah petani dan meningkatkan kapasitas para petani dalam pengolahan pisang kepok, sehingga berujung pada peningkatan pendapatan", kata Direktur Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Marzum, Selasa (9/10/2018).

Marzum menjelaskan sebagai salah satu sumber ekonomi alternatif, mendorong masyarakat memanfaatkan lahan yang belum digunakan. Selain itu, program ini juga meningkatkan ekonomi masyarakat.

Bupati Kuansing, Mursini mengapresiasi PT RAPP yang terus membantu masyarakat kuansing terutama di Desa Talontam.

"Kami tidak bosan-bosannya mengucapkan terimakasih kepada pihak PT RAPP yang telah berkomitmen memberikan program yang membantu masyarakat dan kami berharap kedepannya kebun percontohan ini bisa dikembangkan lebih maju lagi," ujarnya.

Disamping itu, keberadaan kebun percontohan ini dapat membina masyarakat, kelompok tani, agar lebih maju dan berkembang. Mulai dari menanam, memproduksi sampai mendistribusikan hasil komoditi tani. (rls)