PEKANBARU - Pengetahuan tentang media relations sangat penting karena perkembangan teknologi komunikasi belakangan ini telah melahirkan relasi baru antara institusi dengan media.

Hal itu dikatakan dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Riau (UIR) Dr Fatmawati, SIP MM, saat menjadi narasumber pada seminar ''Behind The Scene: Media Relations", di aula Fikom UIR, Sabtu (2/11/2019).

Ditambahkan Fatmawati, media relations juga diperlukan seiring hadirnya media sosial dan era disrupsi yang memberi berbagai kemudahan, kecepatan dan akses terhadap informasi apa pun yang dibutuhkan.

Meningkatkan literasi yang baik dalam bermedia, kata Fatmawati, menjadi hal penting agar dapat memahami pemberitaan dengan baik atau sesuai realitas yang ada.

''Seminar ini diharapkan menambah pemahaman mahasiswa tentang teori dan praktik bagaimana media relations di kehidupan sehari-hari,'' ujar pemerhati media dan komunikasi politik tersebut.

Seminar yang diikuti 200 mahasiswa ini dimoderatori Dr Aidil Haris, MSi. Selain Fatmawati, juga hadir sebagai narasumber Abdul Wahid, SPdI (Anggota DPR RI Fraksi PKB Dapil Riau) dan Dr Zulkarnain Kadir, SH MH (mantan Kepala Biro Humas Pemprov Riau dan praktisi media).

Abdul Wahid mengakui, media sangat berperan meningkatkan popularitas seseorang. ''Media bisa mengangkat sesorang menjadi terkesan sempurna, namun juga sebaliknya, dapat menjatuhkan. Kunci utamanya adalah perlu menjalin hubungan baik dengan media,'' kata Abdul Wahid.rls