DURI - Membacakan buku kepada anak dapat mengoptimalkan kemampuan anak dalam berkomunikasi dan berbahasa. Peran keluarga sangat didorong untuk menyukseskan gerakan literasi nasional ini. Hal itulah yang dilakukan TK Nur Ramadhani, Duri, Kecamatan Mandau, Bengkalis, Riau.

Pihak sekolah mengajak orangtua berperan aktif membacakan buku pada anak-anak usia dini dalam kegiatan Literasi Keluarga TK Nur Ramadhani yang berlangsung di gedung LAMR Kecamatan Mandau, Sabtu (23/11/2019) pagi tadi.

Ketua Pelaksana Program PAUD Terpadu Nur Ramadhani, Peni Wulandari S Psi mengatakan kegiatan Literasi Keluarga ini merupakan tindak lanjut dari Gerakan Nasional Baca Buku (Gernas Baku) yang sudah menjadi program rutin di TK Nur Ramadhani.

"Melalui buku cerita yang dibacakan, membantu mengembangkan imajinasi anak, menambah kosa kata dan yang jelas interaksi antara orangtua dan anak terjalin lebih baik. Memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya banyak hal dari buku cerita yang dibacakan," kata Peni kepada GoRiau.com.

Melalui kegiatan literasi keluarga ini, Peni berharap keluarga sebagai wadah pendidikan yang pertama dan utama mampu mendidik anak menjadi berbudi pekerti, berakhlak, cerdas dan pintar.

Ketua DPH LAMR Mandau, H Revolaysa SH MH dan Sekretaris DPH Hary Budiman SAg juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. Bahkan kedua tokoh masyarakat ini sangat mendukung program literasi keluarga ini.

"Orangtua bisa meluangkan waktu 10 menit per hari untuk membacakan buku kepada anaknya sehingga tak ada alasan lagi anak tidak terkendali untuk hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan potensi kepribadiannya," kata Revol.***