PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru pada Rabu (26/2/2020) sore ini, mencatat ada sebanyak sembilan titik panas (Hotspot) yang terdeteksi di Provinsi Riau. Yang mana, lima hotspot ini berada di level confidence di atas 50 persen.

Prakirawan BMKG Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo mengatakan, bahwa sembilan hotspot di Riau tersebut tersebar di Kota Dumai sebanyak enam titik, Kabupaten Pelalawan dua titik dan Bengkalis satu titik.

"Dumai yang terbanyak pada sore ini. Bahkan, dari kemarin Dumai selalu muncul titik panasnya," kata Ahmad di Pekanbaru, Rabu sore.

Dari jumlah tersebut, diketahui ada lima titik yang berada di level confidence di atas 70 persen atau diduga sebagai titik api.

"Semua titik yang diduga titik api ini terdeteksi di Dumai," ujarnya.

Jika dibandingkan dengan pantauan pada pagi tadi, Riau hanya terdeteksi enam titik yang tersebar di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kota Dumai. Dari jumlah tersebut terdapat empat titik yang berada di level confidence di atas 70 persen. Yakni Dumai dan Kepulauan Meranti masing-masing dua titik.

"Pagi tadi ada duua titik api di Kecamatan Tebing Tinggi Kepulauan Meranti berada di level confidence 79-88 persen dan dua titik api di Kecamatan Bukit Kapur Dumai berada di level confidence 92-94 persen," tukasnya. ***