JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar resmi mengumumkan dan mengusung empat Pasangan Calon (Paslon) di Pilkada serentak 2020 se-Riau.

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dukungan oleh Ketua Umum DPP Golkar, Airlangga Hartarto di Aula DPP Partai Golkar, Slipi Jakarta Barat.

Ketua Pemenangan Pemilu Sumatra 1 (Aceh-Sumut-Riau-Kepri dan Sumbar) DPP Golkar, Idris Laena mengatakan, dari sembilan Bakal Calon Kepala Daerah yang akan bertarung di Provinsi Riau, pihaknya baru menerbitkan empat SK.

Adapun empat Paslon tersebut ialah Andi Putra - Suhardiman Amby di Kuansing, Rezita Meylani - Junaedi Rahmat di Inhu, Said Arif Fadillah - Sujarwo di Siak, dan Adi Sukemi - M Rais di Pelalawan.

"Sementara dua SK masih menunggu proses penerbitan, dan tiga daerah lagi masih menunggu hasil survey," kata Anggota DPR RI Dapil Riau 2 ini kepada GoRiau.com, Minggu (12/7/2020).

Idris Laena menyampaikan, proses penetapan calon dari Partai Golkar sudah melalui proses yang panjang, dimulai dari rekomendasi Ketua DPD Kabupaten/Kota ke DPD Provinsi, kemudian DPD Provinsi mengerucutkan menjadi tiga Paslon untuk dikirim ke DPP.

Terhadap calon yang diusulkan oleh DPD Provinsi tersebut, lanjut Idris, tim seleksi DPP Partai Golkar kemudian melakukan pembahasan dengan mempertimbangkan hasil survey dan masukan dari tokoh masyarakat.

"Yang jelas ini semua sudah sesuai dengan pernyataan Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Waketum atau Korbid PP Ahmad Doli Kurnia, kami pasti akan sangat memprioritaskan kader partai Golkar," jelasnya.

Hal ini dilakukan oleh Golkar mengingat Riau diberi target 60 Persen kemenangan di Pilkada Riau, artinya dari sembilan Pilkada yang digelar pada Desember 2020, Golkar Riau dibawah kepemimpinan Syamsuar harus bisa menang minimal lima daerah. ***