PEKANBARU – Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru mengadakan Pengenalan Akademik Mahasiswa Baru (Pamaba) semester Ganjil T.A 2022/2023.

Kegiatan Pamaba Sekolah Pascasarjana Unilak diisi dengan kuliah umum, seminar nasional, dan matrikulasi yang diikuti oleh mahasiswa baru Prodi Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum dan Magister Ilmu Lingkungan ini. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni pada Jum'at (14/10/2022) dan Sabtu (15/10/2022).

Pamaba dilakukan secara daring dan dibuka oleh Dekan Sekolah Pascasarjana Unilak yaitu Dr. Adolf Bastian, S.Pd., M.Pd., kemudian dilanjutkan sambutan dari Wakil Dekan I Dr. Anto Ariyanto, S.Si., M.Si., Wakil Dekan II Dr. Nurliana Nasution, S.T., M.Kom, dan Wakil Dekan III Muhammad Rasyid Abdillah, S.E., M.M., Ph.D.

Kegiatan yang rutin dilakukan tiap awal tahun ajaran baru ini bertujuan sebagai proses adaptasi, perkenalan dengan para pimpinan kampus, dosen, dan seluruh staf agar mahasiswa baru memahami dunia kampus, layanan kampus, dan lain sebagainya.

Animo masyarakat untuk kuliah di Sekolah Pascasarjana Unilak pada semester genap T.A 2022/2023 ini terlihat cukup tinggi, hal ini ditandai dengan target yang ditetapkan oleh pimpinan sudah tercapai bahkan melebihi dari target.

Jumlah mahasiswa baru pada Prodi Magister Manajemen berjumlah 266 orang, sementara Prodi Magister Ilmu Hukum berjumlah 144 orang dan Prodi Magister Ilmu Lingkungan berjumlah 29 orang.

Mahasiswa baru Sekolah Pascasarjana Unilak memiliki latar belakang yang majemuk; ada yang berprofesi sebagai ASN, TNI-Polri, Kejaksaan, Praktisi Keuangan, Pegawai Swasta, Dokter dan lain lain.

Merujuk pada animo masyarakat yang begitu tinggi membuktikan bahwa Sekolah Pascasarjana Unilak semakin dipercaya masyarakat.

"Alhamdulillah mahasiswa baru di semester genap tahun akademik 2022/2022 ini melebihi dari target yang kita tentukan. Ini adalah bentuk kepercayaan masyarakat terhadap mutu yang dihasilkan oleh Sekolah Pascasarjana Unilak yang memiliki slogan Trusted, Qualified, and Inspiring," ujar Dekan Sekolah Dr Adolf Bastian.

Pada Sabtu (15/10/2022), pelaksanaan Pamaba di hari kedua ini diisi dengan seminar nasional dan kuliah umum, bertemakan "Pengelolaan Lingkungan Hidup Ditinjau Dari Aspek Hukum dan Bisnis".

Dengan menghadirkan 3 pemateri yaitu Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau Dr. Karmila Sari, S.Kom., MM, Dosen Universitas Indonesia Elvia R Shauki dan Guru Besar Tetap Bioteknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prof. Dr. Ir. H. Irwan Effendi, M. Sc dengan moderator yaitu Dr. Rina Novia Yanti, S.Hut., M.Si.

Di hari yang sama, kegiatan Matrikulasi yang berlangsung dengan menghadirkan pemateri sesuai dengan program studi yang ada di Sekolah Pascasarjana Unilak. Untuk Prodi Magister Manajemen, materinya disampaikan oleh Dr. Agus Seswandi, S.E., M.Si. dan Dr. Fahmi Oemar, S.E., M.M., Ak. Pemateri pada Prodi Magister Ilmu Hukum disampaikan oleh Dr. Indra Afrita, S.H., M.H. dan Dr. Yeni Triana, S.H., M.H. Pada Prodi Magister Ilmu lingkungan pematerinya adalah Dr. Anna Juliarti, M.Si. dan Dr. Erva Yendri, M.Si.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut berlangsung dengan lancar karena didukung oleh fasilitas jaringan internet yang bagus dan profesionalisme dan kinerja yang baik dari tenaga kependidikan yang dimiliki oleh Pascasarjana Unilak.

Terkait itu, seiring meningkatnya animo masyarakat yang begitu tinggi, Sekolah Pascasajarna Universitas Lancang Kuning terus bersinergi melakukan pengembangan, khususnya pada peningkatan kualitas layanan dan mutu lulusan, pemantapan tata kelola berbasis teknologi digital, penyelesaian pembangunan sarana dan prasarana yang modern Sebagai pembuktian dan mewujudkan kampus yang Trusted, Qualified, & inspiring. ***