ROKAN HILIR – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0321 Rokan Hilir (Rohil), Letkol Inf M Erfani memimpin penanaman jagung di atas lahan seluas 5 hektare di Desa Lenggadai Hulu, Kecamatan Rimba Melintang, Rohil, Riau, pada Senin (18/4/2022).

Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani menjelaskan bahwa program ketahanan pangan ini diinisiasi oleh Korem 031 Wirabima. Pelaksanaan program ini juga dilaksanakan serentak secara virtual dan dipimpin langsung Danrem 031 Wirabima Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung dan dihadiri Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Sedangkan, untuk di Rohil dipimpin Dandim 0321 dan dihadiri oleh Wabup Rohil Sulaiman, Wakil Ketua DPRD Basiran Nur Efendi, Wakapolres Kompol Franky Tambunan Kasi Intel Kejari Rohil Yogi Hendra, dan Kadis Pertanian Rusli Syarief.

Untuk di Rohil, kata Dandim Erfani, pihaknya akan menanamkan jagung di atas lahan seluas 5 hektar dan semangka seluas 5 hektar.

"Untuk tahap kedua nanti, kita akan membuka lahan baru sebanyak 150 hektar. Ini untuk melanjutkan ketahanan pangan yang sudah jalan dan dibina Kodim sebanyak 400 hektar, dengan total keseluruhan 550 hektar," kata Dandim 0321 Rohil.

Sampai saat ini, Kodim Rohil sendiri telah memiliki 16 kelompok tani yang mendapat pembinaan dari Babinsa dan PKL.

"Di daerah Pekaitan sudah berjalan 2 tahun yang lalu, berupa ketahanan pangan padi. Dan kita merencanakan di daerah Bagan Batu. Jika dinyatakan layak, kita akan kembangkan di daerah tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Rohil, Sulaiman menyatakan mengapresiasi program ketahanan pangan yang diluncurkan secara serentak se Riau tersebut.

"Program ini sejalan dengan target Presiden Joko Widodo yang menginginkan ketahanan pangan di seluruh Indonesia dalam situasi pandemi Covid-19 ini berjalan lancar," kata Sulaiman.

Pemerintah daerah kata Wabup, juga akan melaksanakan penanaman jagung di Kecamatan Bagansinembah seluas 220 hektar dengan sistem tumpang sari.

"Bekerjasama dengan kodim, kepolisian dan dinas pertanian bagaimana kita mewujudkan ketahanan pangan khususnya diwilayah Kabupaten Rohil," tukasnya.***