BAGANSIAPIAPI – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau, kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk Laporan Keuangan tahun 2021. BPK menilai, Pemkab Rohil sangat baik dalam membuat Laporan Keuangan.

Penghargaan untuk Pemkab yang dipimpin Bupati Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman SS MH diserahkan Selasa (17/5/2022) kemaren di Pekanbaru oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau Widhi Widayat SE, MSi Ak, CSFA, CA kepada Ketua DPRD dan bupati masing-masing daerah. Khusus untuk Rohil diserahkan kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Ketua DPRD, Maston.

GoRiau Bupati Rokan Hilir, Afrizal Si
Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong (batik Dongker) bersama para bupati se-Riau

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau, Widi Widayat menyebutkan, penghargaan diberikan dalam rangka amanat Undang-Undang Nomor : 15 Tahun 2004 Tentang Pemeriksaan Pengelolaan Dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

"BPK Perwakilan Provinsi Riau menerima laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan Pemda Tahun 2021 kepada pimpinan DPRD lima daerah,satu diantaranya Rohil,'' cap Widi.

''Pemeriksaan laporan keuangan bertujuan memberikan opini atas laporan keuangan yang merupakan pernyataan profesional sebagai kesimpulan pemeriksa mengenai tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dan pengelilaanya,'' paparnya.

''Pemkab Rohil tahun ini kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, " sebutnya.

Sementara itu Bupati Rohil Afrizal Sintong Rabu (18/5/2022) mengucapkan rasa syukurnya atas penghargaan WTP dari BPK RI Perwakilan Riau yang diterimanya Selasa (17/5/2022) kemaren.

"Apa yang diberikan dan WTP yang kita terima ini berdasarkan atas kesesuaian laporan keuangan dengan Standart Akuntansi Pemerintah (SAP), efektivitas Sistem Pengendalian Internal (SPI), kepatuhan terhadap Peraturan Perndang-undangan serta pengungkapan dalam laporan keuangan yang baik,'' sebut Afrizal Sintong.

"BPK RI juga mengharapkan hasil pemeriksaan ini dapat memenuhi harapan seluruh pemilik kepentingan demi terciptanya akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah yang lebih baik. Kita upayakan menjadi yang terbaik kedepannya,'' kata Afrizal Sintong didampingi Kabid IKP Diskominfotiks Rohil, Hasnul Yamin SE.

"Saya tegaskan, opini WTP atas LKPD 2021 diraih berkat kerja keras dan komitmen seluruh stakeholder di Rohil dalam rangka mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah dengan baik,'' sebutnya.

Afrizal Sintong juga berterima kasih kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Riau dalam memeriksa dan memberikan bimbingan kepada Pemkab Rohil dalam upaya perbaikan sistem laporan keuangan daerah.

"Ada catatan-catatan dari BPK RI yang harus kita perbaiki di masa mendatang,'' tutup Bupati Rohil ini. (advertorial)