BENGKALIS - Jabatan, pangkat serta golongan, tidak akan selamanya menjadi hak kita, semuanya itu akan berakhir dan dipertanggungjawabkan. Baik dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.

Ungkapan tersebut disampaikan Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah, H Bustami HY saat membacakan sambutan tertulis Bupati Bengkalis ketika melantik puluhan pejabat eselon III dan IV di Aula Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Rabu (28/11/2018).

Untuk melahirkan seorang pemimpin, sambung Bustami, harus memiliki beberapa kategori. Pertama,  harus memiliki sikap rendah hati dalam menjalankan amanah. Melihat ke atas sebagai motivasi bukan untuk jadi rendah diri dan melihat ke bawah agar lebih bersyukur bukan untuk menjadi tinggi hati.

Kedua, loyalitas dalam menjalankan amanah. Aparatur sipil negara harus tetap loyal dan tegak lurus dalam mendukung kebijakan strategis Kepala Daerah dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Bengkalis. Ketiga, sedia menerima dengan lapang dada aneka kritik yang membangun maupun kritik yang memojokkan.

''Laksanakan tugas pokok dan fungsi jabatan dengan sebaik-baiknya, junjung tinggi kedisiplinan dan profesionalitas. Bak kata pepatah jangan menumbuk di periuk, bertanak di lesung. Jangan berbuat suatu pekerjaan yang menyalahi kebiasaan. Bekerjalah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,'' tegas Bustami.

Bekerjalah sesuai dengan kewenangan saudara, tidak memutuskan masalah yang bukan kewenangannya, pergunakan fasilitas sesuai dengan pangkat dan jabatan. Berkoordinasi tentang administrasi pertanggung-jawaban kegiatan, mempersiapkan serah terima jabatan dan  segala fasilitas dinas, termasuk kendaraan dinas, untuk sesegera mungkin diserah terimakan kepada pejabat pengganti dan tidak dibawa ke tempat mutasi.

''Bekerjalah seperti akar, bekerja walau tak dipandang mata, yang tetap berbuat walau di tengah sepi, yang ketika hasil kerjanya sudah mulai tampak dengan hijaunya daun; kuatnya batang dan ranting serta ranumnya buah, tidak kemudian menjadikannya sombong,  bekerja dengan ikhlas, bukan untuk mencari tenar,'' pungkas Bustami sambil berharap agar melaksanakan tugas dengan baik, menjadi team work  yang tangguh dan kompak serta dapat menyelesaikan kerja dengan baik pula demi mewujudkan visi dan misi Kabupaten Bengkalis. ***