SIAK - Bupati Siak Alfedri lantik Budhi Yuwono sebagai DPD Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) Kabupaten Siak periode 2019-2024 serta kepengurusannya di Lapangan Tuah Serumpun atau lapangan Koramil kecamatan Tualang, Sabtu (22/2/2020) malam.

Alfedri menyampaikan harapannya kepada seluruh pengurus DPD maupun DPC IKJR kabupaten Siak.

''Semoga pengurus yang dilantik ini bisa menjalankan amanah dengan baik, dan bisa menjadi mitra Pemerintah kabupaten Siak dalam menjalankan roda pembangunan,'' kata Alfedri.

Menurut dia semua organisasi sosial kemasyarakatan mempunyai peranan yang penting dalam pelaksanaan pembangunan.

''Pilar-pilar organisasi masyarakat ini menjadi penting bagi kami di dalam menjalankan tugas-tugas atau amanah yang diberikan masyarakat. Sehingga tugas yang berat menjadi ringan, yang ringan bisa dikerjasamakan secara gotong royong,'' jelasnya.

Usai memberikan sambutan, secara simbolis Bupati Siak itu menyerahkan wayang kepada Dalang Ki Mudo Wibowo Darsono dengan lakon Brotoseno Babat Alas Wonomarto.

Di malam itu juga, Ketua DPD IKJR Kabupaten Siak melantik ketua dan pengurus DPC IKJR kecamatan se kabupaten Siak.

Ketua DPD IKJR Kabupaten Siak Budhi Yowono, mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar IKJR yang telah memberikan amanah kepada dirinya untuk memimpin paguyuban ini.

Ia mengatakan kedepannya IKJR akan lebih memperkuat persaudaraan, mendukung program pemerintah, serta melestarikan seni dan budaya.

''IKJR ini adalah rumah bagi warga Jawa di Riau khususnya di Kabupaten Siak untuk bersilahturahmi. Rumah ini melambangkan apa, kalau kita capek kita istirahat di rumah,'' ujarnya

Dikatakannya lagi, tentunya IKJR mempunyai fungsi dan peran untuk melestarikan seni dan budaya. Kata Budi, sebelum acara malam telah dilaksanakan pertunjukan seni dan budaya seperti penampilan Reog, kuda lumping, jathilan dan lain sebagainya. Artinya walaupun diperantauan budaya jawa dapat terus dilestarikan.

''Salah satu budaya jawa adalah gotong-royong, menjaga persatuan dan kesatuan. Dengan adanya gotong royong dan adanya persatuan dan kesatuan, insyaAllah ekonomi kita akan terbangun dan siap untuk berpartisipasi dalam membangun dan memajukan kabupaten Siak,'' jelas Budi

Sementara itu Ketua IKJR Riau Sakiman menyampaikan rasa bangganya karena hampir seluruh pengurus IKJR Riau hadir. Kemudian Siak satu-satunya DPD kabupaten di Riau yang berdirinya DPC secara lengkap.

''Saya bangga karena satu-satunya di Riau, DPD kabupaten Siak memiliki pengurus DPC kecamatan secara lengkap,'' sebutnya.

Lebih lanjut ia sampaikan agar pengurus IKRJ kabupaten Siak bisa mencontoh petuah-petuah dan falsafah jawa. Selain itu orang jawa yang merantau itu harus ada rasa memiliki, harus ada rasa mengayomi dan memiliki rasa introspeksi diri. ''Oleh karena itu orang jawa harus jadi perekat bangsa,'' tutupnya. ***