JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI, Tiffatul Sembiring, meminta Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/BRIN memperhatikan serapan anggaran. Ini penting untuk menjaga perputaran ekonomi nasional.

Mantan Menkominfo RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, mengutip pernyataan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani terkait resesi ekonomi.

"Sebagaimana sudah di-warning oleh Menkeu Sri Mulyani, terkait resesi ekonomi, terkait hal-hal makro dalam ekonomi kita. Saya minta serapan ini diperhatikan," kata Tiffatul dalam rapat Komisi VII DPR RI dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/BRIN, yang Ia ikuti secara virtual.

Meski diminta memperhatikan serapan anggaran, Komisi VII telah menyetujui Rencana Kerja dan Anggaran Komenristek/BRIN 2021 yang telah diketok Badan Anggaran (Banggar) DPR RI tanpa perubahan dari draf yang diajukan.

Dalam kesempatan Rapat, Rabu tersebut, Menristek/Kepala BRIN Bambang Bojonegoro menyatakan, sejauh ini serapan anggaran tahun 2020 di Kementeriannya telah mendekati angka 70 persen. Sisa waktu yang tersedia, akan diupayakan untuk mengoptimalisasi serapan anggaran tersisa.***