PEKANBARU - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru sudah membuka semua pelayanan dari 24 instansi untuk memudahkan masyarakat mengurus berbagai perizinan. MPP ini pun menjadi kebanggaan bagi Kota Pekanbaru meski baru akan diresmikan pada tanggal 6 Maret mendatang.

Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo ketika mengunjungi MPP, Selasa, (5/3/2019) mengatakan pelayanan di MPP sangat baik. Meskipun tidak mau membandingkan dengan daerah lain, menurutnya MPP Pekanbaru sudah maksimal dalam mempercepat dan memudahkan masyarakat.

"Kalau dibandingkan dengan kita lebih besar tentu tidak imbang, begitu juga kalau dibandingkan dengan daerah terluar. Tetapi MPP ini sudah sangat bagus, pelayanannya dalam mempercepat dan memudahkan masyarakat sudah maksimal," ujarnya.

Namun demikian, menurutnya masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Pihaknya mengharapkan pelayanan di MPP kedepan akan menambahkan jasa layanan yang belum ada dimasing - masing instansi.

"Memang masih perlu ditingkatkan, misalnya pembuatan SIM tidak hanya perpanjangan tetapi juga pembuatan SIM baru, perizinan investasi dan sebagainya dari masuk sampai dikeluarkan harus ada disatu tempat ini juga, dan lain - lain," ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru ditempat yang sama menanggapi bahwa pihaknya memang merencanakan peningkatan pelayanan tersebut. Namun, tentu membutuhkan waktu, dan proses itu akan berlanjut hingga ditargetkan tahun 2020 mendatang.

"Inikan baru tahap awal, Insya Allah kita akan renovasi gedung Bapeda nanti untuk Disdukcapil untuk pembuatan KTP, kita juga akan renovasi gedung b dan c. Jadi memang rencana kita adalah menjadikan seluruh gedung perkantoran walikota ini nanti untuk pelayanan masyarakat," tuturnya.

"Tahun 2019 ini kita mulai lagi renovasi gedungnya, Insya Allah tahun 2020 sudah bisa kita selesaikan. Jadi nanti pelayanan - pelayanan yang belum masuk bisa kita tambahkan saat gedung ini sudah jadi," paparnya. ***