BAGANSIAPIAPI - Kota kecil Tanah Merah, Kepenghuluan Lenggadai Hulu, Kecamatan Rimba Melintang Rokan Hilir, Riau yang terletak di Jalan Lintas Ujung Tanjung - Bagansiapiapi, sejak Rabu (2/4/2020) lalu distrilkan dengan menyemprotkan disinfektan untuk memberantas Covid-19.

Penghulu Lenggadai Hulu, Sugeng Eko Ahad (5/4/2020) menyebutkan, kondisi terkini di daerahnya sepi karena masyarakatnya memilih stay of home mematuhi himbauan pemerintah. ''Pedagang menutup tokonya, warga memilih di rumah saja,'' sebut Sugeng Eko.

Kondisi sepi terlihat di kepenghuluan dengan penduduknya 4.000 jiwa lebih terdiri 1.058 KK di 6 Dusun 14 RW dan 33 RT itu. ''Kemaren kami tiga pilar Babinkamtibmas, Babinsa, masyarakat mensosialisasikan himbauan dan melakukan penyemprotan disinfektan,'' sebut Sugeng Eko.

Sugeng Eko menambahkan, dari 1.508 KK warganya, terdata 200 KK merupakan keluarga kurang mampu. ''200 KK kurang mampu ini amat berdampak dengan kondisi saat ini, datanya sudah kita teruskan ke kecamatan karena merealisasi surat bupati beberapa waktu lalu,'' terangnya.

''Warga kami menuruti himbauan untuk tidak bepergian keluar rumah, kegiatan kini berkurang, semoga kondisi ini cepat berlalu, kepada warga kami ucapkan terima kasih,'' ujar Penghulu Lenggadai Hulu ini menyikapi efektifnya himbauan tiga pilar (penghulu, babinkamtibmas dan babinsa).

Kepenghuluan Lenggadai Hulu berada di Jalan lintas Ujung Tanjung - Bagansiapiapi memiliki pasar khusus (pasar pekan) setiap hari Rabu yang ramai dikunjungi warga dan pedagang yang datang dari luar seperti Duri, Dumai dan Sumut. ***