PEKANBARU – Kontingen Provinsi Riau secara resmi dilepas untuk mengikuti Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) X, hari ini, Sabtu (29/7/2023). Pelepasan dipimpin Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Riau, H Boby Rachmat SSTP MSi, AIFO-P di Aula Dispora Riau, Jalan Sutomo, Sabtu (29/7/2023).

Seluruh atlet paralimpik pelajar Riau, pelatih, serta official turut hadir dalam acara pelepasan yang digelar pukul 10.00 WIB tersebut. Peparpenas X akan berlangsung di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan dari 30 Juli hingga 6 Agustus 2023.

"Selamat bertanding. Semoga atlet kita berhasil mengharumkan nama Riau dengan membawa pulang medali di Peparpenas tahun ini. Jaga kesehatan dan nama baik Riau selama berada di Palembang nanti," pesan Kadispora.

Kontingen Riau hanya akan berpartisipasi dalam dua cabang olahraga (cabor) yaitu renang dan atletik. Renang menargetkan meraih tiga medali emas, sementara atletik belum menentukan target karena masih melakukan analisis terhadap kekuatan lawan.

Pelatih renang Riau, Zulkifli, menyatakan ambisi kontingen renang untuk meraih tiga emas di Peparpenas 2023. "Andalan kita Muhammad Aidil, Abdul Majid Rahman, dan Alfatih Mauli Pratiwi. Semoga bisa terwujud nantinya," ujar Zulkifli.

Muhammad Aidil akan berkompetisi di nomor 50 meter gaya punggung, 40 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, dan 50 meter gaya dada. Sementara itu, Abdil Majid Rahman akan berlaga di nomor 50 meter gaya dada, 100 meter gaya dada, 50 meter gaya kupu-kupu, dan 50 meter gaya bebas. Alfatih Mauli Pratiwi akan beraksi di nomor 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas, 100 meter gaya dada, dan 50 meter gaya dada.

Sementara itu, pada cabang atletik, pelatih Martin Losu mengungkapkan bahwa persiapan atlet masih dilakukan. Menurutnya, absennya Peparpenas beberapa tahun lalu akibat pandemi Covid-19 membuat timnya buta terhadap kekuatan lawan.

"Apalagi kita persiapkan atlet usia 20 tahun. Sedangkan regulasi yang terbaru usia bisa 23 tahun," ungkapnya.

Meski demikian, tiga atlet atletik Riau telah disiapkan untuk Peparpenas X ini, yakni Kapilah, Nayla Sabilu Faza, dan Rahmatul Hidayah. Mereka akan berlaga di nomor lari 100 meter, lari 200 meter, lompat jauh, dan tolak peluru. ***