ISTANBUL -- Aisha Rosalie tidak pernah membayangkan bahwa suatu ketika dirinya akan menjadi Muslimah (mualaf). Namun, keputusannya mengunjungi Masjid Sultanahmet atau Masjid Biru di Istanbul, Turki, menjadi jalan baginya mendapatkan hidayah.

Kunjungannya ke salah satu ikon Kota Istanbul itu membuat gadis asal Inggris tersebut memulai pencariannya tentang Islam dan kemudian mengabdikan hidupnya mempromosikan keyakinan barunya itu.

Dikutip dari Republika.co.id yang melansir Anadolu Agency, berikut cerita Rosalie tentang perjalanan relijiusnya hingga memutuskan bersyahadat dan mengabdikan dirinya untuk mempromosikan keindahan Islam.

''Sebelum saya menjadi Muslim, saya tidak memiliki agama apa pun. Saya percaya Tuhan itu ada. Saya ingat saat kecil saya dulu selalu berbicara dengan Tuhan,'' kata Rosalie dilansir di Anadolu Agency, Maret lalu.

Rosalie mengatakan, orang tuanya tidak religius. Dia mengaku tidak pernah benar-benar mengenal orang yang beragama sebelum masuk Islam.

''Ketika saya datang ke Turki, saya tidak punya niat mencari agama. Saya membuka Google dan saya menemukan mereka memiliki Masjid Biru dan berpikir mungkin saya bisa memeriksanya,'' katanya.

Rosalie mengungkapkan dia begitu takut karena dia tidak memiliki pendapat yang baik tentang Muslim. Hal itu karena semua informasinya berasal dari media Barat.

''Itulah satu-satunya opini tentang Islam yang saya miliki,'' ucapnya.

Sebelum mengunjungi masjid, Rosalie pergi ke toko lokal dan membeli jilbab atau penutup kepala, karena dia ingin menghormati orang lain. ''Saya tidak ingin menyinggung perasaan siapa pun dengan rambut saya yang terurai. Saya pikir mungkin orang-orang akan marah kepada saya. Jadi saya membeli jilbab hanya untuk mengunjungi (masjid),'' katanya.

Rosalie mengatakan, dia menemukan materi agama tentang Islam, akan tetapi pada saat itu dia tidak tahu apa artinya. ''Dan aku bahkan tidak tahu bagaimana mengucapkannya,'' ucap Rosalie.

Begitu dia memasuki Masjid Biru, Rosalie mengambil tasbih, dan mulai membaca doa. ''Sekitar satu jam saya hanya duduk melakukan tasbih. Saya hanya melihat-lihat masjid. Itu sangat indah dan sangat damai, saya tidak percaya. Dan saya melihat orang-orang sholat di di depan saya. Saya begitu terpesona oleh keindahan dan kedamaian di dalam masjid. Tidak ada yang meneriaki saya, tidak ada yang bersikap jahat kepada saya, saya sangat terkejut,'' ujarnya.

Rosalie mengatakan, dia mencari salinan Alquran setelah meninggalkan masjid dalam perjalanan ke hotel. Dia membeli Alquran terjemahan bahasa Inggris dan mulai membacanya di kamar hotelnya.

Rosalie mengatakan, dia terus membaca Alquran bahkan setelah kembali ke Inggris sampai dia menyelesaikan seluruhnya. ''Butuh waktu beberapa bulan, dan selama waktu itu saya melakukan banyak studi tentang Islam, serta banyak menonton ceramah. Dan setelah beberapa bulan saya mengucapkan syahadat, dan saya menjadi Muslim. Alhamdulillah, itulah perjalanan saya. Segalanya berubah dalam hidup saya,'' kata Rosalie.

Dia mengungkapkan, keluarganya begitu tak yakin terkait keputusannya masuk Islam. Rosalie mengatakan ibunya biasa menjelajahi internet untuk mencari informasi tentang Muslim dan membaginya dengannya.

''Itu memaksa saya untuk belajar lebih banyak untuk membuatnya memahami keindahan, kedamaian, segala sesuatu di balik Islam,'' katanya.

Rosalie menggarisbawahi karakter pribadi adalah bentuk dakwah terbaik atau panggilan ke Islam. ''Ini adalah cara terbaik untuk membawa orang ke arah agama. Karena saya memikirkan karakter saya, saya membantunya memahami keindahan Islam. Saya lebih banyak berbicara dengannya, saya mencoba lebih murah hati dengannya karena dalam agama kita itu penting,'' kata Rosalie.

''Kami punya orang tua. Kami harus menjaga mereka, kami harus bersikap baik dengan mereka,'' lanjutnya.

Menurut Rosalie, datang ke Turki merupakan salah satu alasan utama mengapa dia menjadi seorang Muslim. ''Itu karena saya melihat Muslim yang baik, orang-orang dengan karakter yang baik. Mereka membuat saya berpikir 'Saya ingin menjadi orang itu.' Itu membuat saya lebih baik. Itu membuat saya lebih bahagia. Saya merasa seperti saya dilahirkan kembali. Saya ingin memulai dari awal. Saya ingin meninggalkan dosa-dosa saya,'' kata Rosalie.

Berbicara tentang hidupnya sebelum masuk Islam, Rosalie mengatakan dia dilatih untuk menjadi seorang aktris. Dia mengungkapkan impiannya menjadi seorang aktris dalam waktu yang paling lama, Rosalie mulai berakting ketika berusia 14 tahun.

''Jadi, saya telah berakting untuk beberapa waktu dan saya telah dilatih di LA, saya tinggal di Amerika. Itulah seluruh gaya hidup saya, itu adalah impian saya selama bertahun-tahun. Saya melakukan beberapa penulisan naskah, dan saya melakukan beberapa penyutradaraan juga,'' ucap Rosalie.

Setelah masuk Islam, dia meninggalkan mimpinya. Dia memiliki saluran di Youtube tempat dia memmosting konten Islami.

''Saya ingin membantu orang-orang untuk lebih mengenal agama. Dan saya memposting banyak cerita tentang perpindahan agama di sana juga. Jadi, (mempromosikan) hal-hal yang akan membantu orang-orang dalam agamanya adalah tujuan saya,'' kata dia.

''Saya sangat senang berada di sini. Ini adalah tempat di mana saya menemukan Islam. Itu adalah negara Muslim pertama yang pernah saya kunjungi,'' kata Rosalie berbicara di landmark Istanbul Sultanahmet Square.

''Saya kembali ke sini karena suatu alasan. Saya kembali dengan suami saya dan saya ingin menunjukkan kepadanya tempat-tempat menakjubkan di Istanbul, di Turki. Dan orang-orang di sini sangat luar biasa. Di sini sangat indah, sangat menakjubkan,'' lanjutnya.***