TELUKKUANTAN - Akhir-akhir ini, kasus kebakaran rumah di Baserah Kecamatan Kuantan Hilir, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau cukup banyak. Bahkan, setiap terjadi kebakaran masyarakat tidak bisa berbuat apa-apa.

"Kita tak pandai memadamkan api. Sehingga, rumah telah rata dengan tanah ketika mobil damkar sampai," ujar Didik Marka Hendika, SIp selaku Ketua Pelaksana kegiatan kepada GoRiau.com, Kamis (29/12/2016) di Telukkuantan.

Atas dasar itu, lanjut Didik, Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kuantan Hilir bekerjasama dengan PT Riau Andalan Pulp and Paper untuk melakukan pelatihan pemadaman api.

"Jadi, tim RAPP mengajari kami bagaimana memadamkan api. Sebanyak 20 orang anggota RAPI mengikuti simulasi yang diajarkan oleh RAPP," ujar Didik.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 28 Desember tersebut dibuka langsung oleh Kapolsek Kuantan Hilir, AKP Ferdinan. Sementara, dari manajemen RAPP hadir Maswir dan Emisbah.

"Tujuan acara ini, agar RAPI bisa membantu apabila terjadi kebakaran, baik rumah atau pun lahan," ujar Didik.

Dengan kerjasama ini, RAPI Kuantan Hilir dan RAPP akan menjalin kerjasama. "Akan dibuatkan SK MPA-nya dan kita senantiasa siap membantu memadamkan api," tutup Didik. *** #KUANSING