JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, didoakan oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional  Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk menjadi Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan. Bahkan, Zulhas mengaku siap mengusung Riza pada Pilgub DKI 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Zulhas saat menghadiri acara Family Gathering 2022 Keluarga Besar Baret Ungu Jayakarta di Hotel Mercure Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (2/1/2022). Riza terlebih dahulu memberikan sambutan dalam acara itu.

Riza, yang menjabat Komandan Komando Nasional Resimen Mahasiwa (Menwa) Indonesia, awalnya memuji Zulhas sebagai figur yang tepat menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI).

Riza meyakini IARMI di bawah kendali Zulhas bisa mempersatukan berbagai kalangan. "Kenapa dulu kita ingin Bang Zul jadi ketua umum? Karena memang IARMI perlu tokoh, karena kita yakin banyak sekali komunitas, profesi, semua agama semua adat, kita butuh tokoh pemersatu, " kata Riza, Minggu (2/1/2022).

"Yang adem, yang bersahaja itu selalu di MPR. Saya dulu ketua Fraksi MPR di Partai Gerindra. Jadi pokoknya mohon maaf, bukannya membedakan. Pokoknya yang baik-baik di MPR. Saya kira gitu, " sambungnya.

Setelah menerima banyak pujian dari Riza, Zulhas membalas dengan memuji balik Riza. Saat itulah dia mendoakan Riza bisa menjadi Gubernur DKI selanjutnya.

"Yang saya hormati sekarang wagub. Kita doakan nanti jadi gubernur," ucap Zulhas, yang kemudian disambut suara 'amin' serta tepuk tangan audiens.

Tak hanya sekali, saat menutup sambutan, Zulhas kembali mendoakan Riza sebagai Gubernur DKI.

Ditemui usai acara, Zulhas mengaku persahabatannya dengan Riza telah terjalin lama. Hal ini lantaran Zulhas merupakan murid KH Amidhan Shaberah, yang tak lain merupakan ayah Riza Patria.

"Saya ini murid ayahnya. Jadi kami ini memang teman tapi sudah seperti keluarga," ujarnya.

Bahkan, ia tak menutup kemungkinan akan mengusung Riza menjadi cagub mengingat PAN memiliki kursi banyak di DPRD DKI. Meski begitu, dia belum bisa memastikan apakah Riza akan dipasangkan oleh putrinya, Zita Anjani, yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

"Jadi saya doa yang terbaik. Syukur-syukur nanti, saya kan ada kursi banyak di DPRD. Saya dukung jadi gubernur, insyaallah, " jelasnya.

"Zita nanti, masih muda. Masih banyak harapannya, masih panjang, " sambungnya. ***