TELUKKUANTAN – Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau Musliadi gagal menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing periode 2024 - 2029.

Politisi yang akrab disapa Cak Mus ini maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) di daerah pemilihan (dapil) Kuansing 3. Dapil ini meliputi Kecamatan Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti.

Pada pemilihan legislatif (Pileg) yang digelar pada 14 Februari 2024 silam, Cak Mus meraih 1.505 suara. Cak Mus meraih suara terbanyak di partainya. Secara keseluruhan, PKB meraih 2.652 suara di Dapil Kuansing 3.

Lumbung suara Cak Mus berada di Kecamatan Cerenti dengan jumlah 1.198 suara. Di Kecamatan Kuantan Hilir, ia hanya memperoleh 86 suara. Sedangkan di Inuman sebanyak 153 suara dan Kuantan Hilir Seberang 68 suara.

Perolehan suara itu tidak mampu mencapai satu kursi untuk PKB. Dapil Kuansing 3 terdapat enam kursi, dua diantaranya diborong oleh Gerindra. Kemudian satu kursi masing-masing Golkar, PDIP, Nasdem dan Demokrat. Kursi terakhir milik Demokrat dengan perolehan suara 3.214 suara.

DPRD Kuansing memiliki 35 kursi. Dari jumlah ini, PKB hanya mampu merebut tiga kursi untuk periode 2024 - 2029. Adapun caleg terpilih dari PKB yakni Dicki Susanto, Aldiko Putra dan Desi Guswita.***