PEKANBARU - Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Syahril Abubakar mengapresiasi kinerja pihak kepolisian Polda Riau karena telah melakukan pengamanan pada saat masyarakat Riau merayakan hari raya Idul Fitri. Sehingga memberikan rasa nyaman dan aman saat melaksanakan hari kemenangan umat muslim tersebut.

Orang yang sangat dihormati dan disegani oleh masyarakat Riau tersebut mengatakan, berterimakasih kepada pihak kepolisian yang telah bekerja keras dalam menciptakan keamanan bagi masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Fitri 2019 ini.

Terutama pengamanan yang diberikan pada saat masyarakat melakukan kegiatan mudik saat lebaran yang sudah menjadi tradisi bagi umat muslim disetiap merayakan hari kemenangan setelah berpuasa selama satu bulan lamanya.

Hal tersebut berdasarkan informasi yang Ia peroleh, bahwa angka kecelakaan lalulintas saat mudik dan arus balik selama lebaran mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut merupakan bukti bahwa pihak kepolisian terus berupaya melakukan berbagai cara untuk memberikan keamanan bagi masyarakatnya.

"Yang pertama kita mengucapkan syukur alhamdulilah, karena kita melihat angka kecelakaan saat mudik tahun ini menurun. Tentu ini tidak terlepas dari kesadaran pengendara, terutama aparat kepolisian yang sudah bekerja keras untuk mengatur arus lalulintas, sehingga semuanya bisa berjalan lancar dan pemudik bisa berjalan dengan aman dan berjumpa dengan keluarga dengan berbahagia. Hal ini patut diapresiasi," ujar Syahril kepada GoRiau.com, Selasa (11/6/2019) sore.

Selanjutnya Ia mengatakan, Polri khususnya Polda Riau sudah bekerja keras untuk mewujudkan keamanan bagi negri ini. Dimana yang seharusnya merayakan hari raya idul fitri bersama keluarga tapi tertunda karena harus mengemban tugas untuk keamanan masyarakat.

Maka dari itu, pria yang kerap disapa Datuk Riau tersebut mengimbau agar masyarakat membantu tugas kepolisian dengan membangun kesadaran bagi diri sendiri agar tak terjadi hal tak diinginkan saat melakukan perjalanan mudik maupun arus balik mudik saat ini.

"Mari masyarakat yang saat ini sedang dalam perjalanan mudik maupun arus balik kita meringankan tugas kepolisian dengan berhati-hati, tidak ugal-ugalan dan kalau ngantuk ya istirahat. Tetap utamakan keselamatan, itu harapan kita," tutup Syahril yang saat ini juga tengah melakukan mudik ke daerah Sumbar. ***