BAGANSIAPIAPI – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, menerima kunjungan kerja ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Kamis (12/05/2022) di ruang Wakil Bupati Rokan Hilir, Sulaiman Azhar di kantor Bupati lantai 4, KM 6 Bagansiapiapi.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk pertukaran informasi berkaitan inovasi Pemkab Rokan Hilir dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas informasi guna membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat dalam pembangunan demokrasi di era digital 4.0.

GoRiau
Kunjungan diterima oleh Wakil Bupati Rokan Hilir, Sulaiman Azhar, Kadis Kominfo Rohil, Indra Gunawan, SE, Kepala Badan Penanaman Modal, Acil Rustianto, Kabid Sandi Kominfo, Dona, dan Kabag Tapem.

"Selain berhubungan dengan inovasi, kunjungan kami ke Dinas Kominfo juga untuk mendapatkan informasi berkaitan penghargaan peringkat III dari Ombudsman yang diperoleh Pemkab Rohil," kata Hamdi Agus.

Selain itu, pihaknya juga ingin mengupayakan bagaimana infrastruktur jaringan internet di Payakumbuh semakin baik.

"Kami memohon saran dan dukungan karena kita tahu provider internet berada di Riau. Saat ini, kehadiran Command Center mempermudah pengawasan kota Payakumbuh sebagai upaya perbaikan pelayan publik kepada warga," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Kominfo Rohil, Indra Gunawan, menjelaskan bahwa Kominfo Rohil akan terus berinovasi dalam pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan pelayanan publik di Rokan Hilir. Salah satu wujudnya adalah dengan memasang closed-circuit television (CCTV) yang dipasang tiap sudut kota Bagansiapiapi dan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan konsep Smartcity.

Selain itu, kata Indra, Pemkab Rohil juga meluncurkan Aplikasi e-SPPD dan pelayanan pembayaran Retribusi Tower Seluler dan Wifi secara Elektronik (E-Retribusi). Bahkan, baru baru ini, untuk kerjasama media, Kominfo meluncurkan aplikasi Simatrik.

Dalam pertemuan itu berlangsung diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh Wakil Bupati Rokan Hilir, Sulaiman Azhar. Dalam kesempatan tersebut, Wabup menambahkan, Pemkab Rohil sedang merancang program internet masuk desa. Ada beberapa kelemahan dalam penyediaan internet karena tidak bisa dialokasikan dari dana desa.

Dalam diskusi tersebut, ada beberapa aspek yang menjadi perhatian ketua DPRD kota Payakumbuh diantaranya peningkatan PAD, perizinan elektronik, kegiatan Kebudayaan dan Religi. Acara kemudian ditutup dengan kegiatan foto bersama. (Advertorial)