PEKANBARU - Guna mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di Pekanbaru, Tim Kukerta Relawan Covid-19 Universitas Riau (Unri) membuat hadei automatic hand sanitizer atau alat sederhana untuk memudahkan penggunaan handsanitizer di tempat umum.

Ketua Tim Relawan Covid-19 Unri di Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, M Irfan Fadhilah mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk mencegah serta menurunkan kemungkinan terpapar Covid-19, saat menggunakan hand sanitizer yang disediakan di tempat umum.

GoRiau
"Dengan Hadei Automatic Hand Sanitizer, masyarakat tidak perlu lagi menyentuh botol hand sanitizer secara langsung melainkan cukup dengan menginjak pedalnya dan hand sanitizer akan otomatis keluar," kata Irfan di Pekanbaru, Kamis (2/7/2020).

Irfan juga mengungkapkan bahwa penggunaan alat ini dinilai efektif mengingat alat ini bekerja dengan pedal sehingga mengurangi kemungkinan terpapar Covid yang mudah berpindah melalui sentuhan tangan. Alat ini pun telah diserahkan langsung kepada Lurah Kampung Melayu, Darwindra pada Jumat (12/7/2020).

GoRiau
"Dan selaim membuat hadei automatic hand sanitizer, Tim Kukerta Relawan Covid-19 Unri juga membuat brosur serta spanduk imbauan terkait New Normal dan membagikan masker serta sembako sebagai bentuk pengabdian," ujarnya. (rls)