PADANG - Meskipun ribuan jenis makanan ada di dunia, baik yang modern maupun tradisional, namun pamor rendang yang berasal dari Ranah Minang Sumatera Barat tetap menjadi salah satu makanan favorit di dunia.

''Tidak bisa dipungkiri, dari sekian banyak jumlah makanan khususnya di Indonesia, rendang ini memang sesuatu anugerah kekayaan kuliner Sumbar yang terkenal di mana-mana,'' ujar Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno saat hadir sebagai Narasumber Web Seminar (Webinar) In Your Hand ''Menjadikan Rendang Makanan Favorit di Luar Negeri'', Rabu, (1/7/2020).

Menurut Irwan, rendang asal Sumbar menjadi makanan favorit orang luar negeri, dan disukai di dunia. Ini bukan rekayasa.

''Karena kami sendiri sebagai orang Sumatera Barat tidak pernah mensetting itu, ternyata rendang sudah mendunia, walaupun ada upaya kita mempromosikan,'' jelasnya.

Dikatakan, kalaulah rendang itu tidak enak otomatis sekali dicoba tidak mungkin dicoba kedua kali kalau tidak enak, dan ditambah lagi menceritakan kepada orang lain dari mulut-kemulut lalu muncul rasa yang tak bisa dipungkiri, kalau banyak orang menyebut rendang memang lezat dan nikmat.

Dikatakan, rendang adalah masakan yang sebetulnya sama dengan masakan-masakan yang ada di daerah lain di Indonesia. Namun rendang dengan bermacam ragam bumbu asal daerah Sumbar yang unik memiliki bentuk warnanya yang semua ada ciri khasnya.

''Ini merupakan suatu produk turun-temurun dari para nenek moyang kita, orang tua dulu, itulah yang menjadikan rendang suatu anugrah, suatu masakan yang menjadi ciri khas didaerah kita,'' tutupnya. ***