TANGERANG - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) cukup bangga dengan prestasi yang telah dicapai Tim Nasional (Timnas) Bulutangkis dan Tinju di SEA Games 2021 Vietnam. Prestasi ini diharapkan bisa dipertahankan pada pelaksanaan SEA Games 2023 Kamboja.

Demikian disampaikan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti saat menyambut kedatangan tim badminton dan boxing di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (24/5/2022).

“Saya menyampaikan salam hormat dan apresiasi sekaligus terima kasih dari bapak Menpora Zainudin Amali. Harusnya beliau kesini, namun masih ada rapat,” kata Chandra.

Deputi Chandra menjelaskan, hasil yang dicapai para atlet dalam ajang pesta olahraga Asia Tenggara edisi ke-31 ini sangat membanggakan. Tim Indonesia mampu menempati peringkat tiga setelah mengumpulkan 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

“Sekali lagi, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa, ini sangat luar biasa,” ujarnya.

“Jadi, hasil yang didapat ini harus kita pertahankan, bahkan ditingkatkan. Para atlet harus meningkatkan kemampuannya untuk berlatih untuk menghadapi SEA Games 2023 di Kamboja. Selain itu, juga ada kejuaraan yang akan datang,” tambah Deputi Chandra.

Hal senada juga disampaikan Ketua National Olympic Commitee (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Pencapaian luar biasa ini, menurutnya atas kerja sama dari semua pihak.

“Kita semua bangga atas perjuangan dari para atlet, yang telah berjuang untuk bangsa Indonesia. Hasilnya kita menempati peringkat ketiga. Terima kasih atas perjuangan kalian, titip salam dari kami untuk keluarga kalian,” jelas Okto.

Untuk diketahui, tim badminton berhasil merebut dua medali emas, dua perak, dan lima perunggu. Sedangkan tim boxing meraih satu emas, tiga perak, dan satu perunggu. ***