PEKANBARU - Sebanyak 120 pendekar mengikuti Kejuaraan Pencak Silat Pelajar Piala Kadispora Pekanbaru, para peserta yang mengikuti kejuaraan ini merupakan para pelajar yang mengenyam pendidikan di Kota Pekanbaru.

Kejuaraan yang diadakan di GOR Bulutangkis Satria, Rabu (25/5/2022) ini juga dimanfaatkan untuk melakukan seleksi atlet menuju Kejuaraan Daerah (Kejurda) Provinsi Riau.

Terlihat Ketua umum KONI Pekanbaru, Muhammad Yasir hadir didampingi oleh Waketum II Isubadi Idris, Kadispora Zulfikri dan Sekretaris Dispora Pekanbaru Hadi Firmansyah dan Kabid Itang.

"Saya berharap dalam kejuaraan ini atlet bisa memberikan penampilan yang maksimal, semoga di Kejurda dapat menghasilkan prestasi yang membanggakan," kata Ketua KONI Pekanbaru, Yasir.

Lanjut Yasir, atlet yang keluar sebagai juara dalam kejuaraan ini akan dilakukan pembinaan untuk menghadapi Kejurda Riau.

"KONI sudah mempersiapkan program-program untuk pembinaan atlet kedepan," ucapnya.

Sementara itu Wakil Ketua II KONI Pekanbaru yang membidangi Bidang Prestasi (Binpres), Isubadi Idris menjelaskan di Binpres KONI Pekanbaru akan terus memantau dan melakukan seleksi agar atlet yang diturunkan dalam Kejurda Riau nanti adalah atlet yang berkualitas.

"Kita tidak mau ada atlet titipan, harus ada seleksi. Seleksi ini penting karena jangan sampai prestasi anak-anak diwarnai atlet titipan," tegasnya.

Terlebih lagi KONI Pekanbaru menggunakan anggaran dari APBD, sehingga untuk pemilihan atlet harus selektif dan dilakukan dengan cara yang profesional.

Sedangkan Zullfikri, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pekanbaru berharap Pekanbaru tidak hanya bisa juara di Kejurda Pencak Silat saja, melainkan juga dapat menjadi juara umum di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau di akhir tahun ini.

"Kita akan berusaha kembali merebut juara umum, semoga Ketua KONI yang baru bisa memajukan olahraga di Pekanbaru. Karena saya lihat dari sisi anggaran naik 3 sampai 4 kali lipat," bebernya.

Wakil Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Pekanbaru, Indra Tanjung menerangkan untuk peserta seluruhnya berasal dari Kota Pekanbaru.

"Ada yang kelas 3 SMP dan 1 SMA, tapi yang paling tua adalah kelahiran 2005," ungkapnya.

Untuk Kejuaraan Piala Kadispora Pekanbaru ini ada 10 nomor yang diperlombakan, dan untuk Kejurprov Riau akan diperlombakan 22 nomor.

"Untuk target Kejurprov kita targetkan 12 medali emas dari 20 nomor yang merupakan diluar nomor beregu," tutupnya. ***