PEKANBARU - Lebih dari tiga jam berlalu sejak jam 08.00-11.30, pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lukman Edy - Hardianto akhirnya selesaikan tes psikologi, yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad. Kepada wartawan, Jumat,(12/1/2018) Lukman Edy menuturkan dengan senyum, ketegangannya saat tes berlangsung.

"Tadi baru selesai tes psikologi, dan saya akui pertanyaannya berulang-ulang. Pertanyaan-pertanyaan itu dalam hemat saya memang benar-benar memancing kita untuk menunjukkan karakter kita yang sebenarnya ada didalam,'' tuturnya.

Berdiri disamping wakilnya yang juga mengangguk dan tersenyum menyiratkan persetujuan pendapatnya. Lukman Eddy berpendapat bahwa hasil tes psikologi yang telah berlangsung tadi dapat menunjukkan jiwa kepemimpinan sesorang, dan mengetahui isi hati yang diuji terkait perhatiannya kepada masyarakat yang kelak akan dipimpin.

''Yang saya tahu dari pertanyaan-pertanyaan itu, jawaban yang kita berikan dapat menunjukkan apakah kita ini pemimpin yang represif atau demokratis, atau pemimpin pemarah atau tidak, atau kita mencintai rakyat atau tidak,'' ujarnya.

Hari pertama tes, Lukman Eddy mengakui persiapan yang dia lakukan adalah istirahat yang cukup, mengingat masih ada beberapa tahap dan hari lagi untuk proses tes ini. Menurut jadwalnya, masih akan ada tes Psikiatri yang harus dilakukan setelah selesai sholat Jumat, pukul 14.00 nanti. ***