JAKARTA -- Banyak orang merasa keberatan foto rumahnya ada di Google Street View, karena dianggap sangat mengganggu privasinya.

Bila Anda termasuk yang keberatan foto rumahnya ada di Google Street View, maka Anda bisa menghapusnya. Bagaimana caranya?

Dikutip dari Tempo.co yang melansir laman Support Google, lakukan hal-hal ini untuk menghapus foto rumah Anda dari Google Street View:

1. Jika Anda bukan pemilik foto, Anda bisa meminta untuk menghapus foto itu. Pertama, buka Google Street View atau Google Maps.

2. Kemudian, carilah foto rumah Anda. Jika sudah ketemu, buka foto itu. 

3. Lalu klik laporkan masalah pada bagian kanan bawah. Setelah itu Anda harus melengkapi formulir untuk meminta penghapusan rumah.

4. Kirim formulir setelah diisi dengan lengkap. Google akan meninjau formulir Anda secepat mungkin. Jika Anda mencantumkan email, Anda mungkin akan dihubungi lewat email tentang status laporan itu.

Lalu, bagaimana jika Anda adalah pemilik foto rumah yang terpampang di Google Street View? Bagaimana cara menghapusnya?

1. Pertama, buka aplikasi Google Street View.

2. Kemudian klik ''profil'' atau ''Pribadi'', lalu pilih foto yang akan dihapus.

3. Klik ''Lainnya'' di bagian kanan atas. Kemudian, pilih ''Hapus''.

4. Konfirmasikan penghapusan dengan tap "Hapus".

Begitulah cara menghilangkan rumah Anda di Google Street View. Jika Anda tidak ingin menghapusnya, Anda bisa memburamkannya saja.

Cara Memburamkan

Google Street View merupakan fitur yang dimiliki oleh aplikasi Google Maps. Apabila Google Maps mampu memberikan petunjuk arah, Google Street View mampu memberikan gambar yang detail mengenai suatu jalan yang akan ditempuh. Dua teknologi tersebut salih berkesinambungan untuk memberi kemudahan bagi para penggunanya. 

Namun, sebuah gambar yang buram sering kali ditemukan di Google Street View. Gambar tersebut biasanya merupakan sebuah rumah yang memang sengaja dibuat buram oleh pemilik rumahnya. Alasan di balik buramnya gambar tersebut tentu bermacam-macam, mulai dari masalah privasi hingga masalah pribadi. Lantas, bagaimana caranya memburamkan gambar rumah kita di Google Street View? 

Rumah di Google Street View dapat diburamkan dengan mengikuti beberapa langkah. Dilansir dari Tempo.co yang melansir berbagai sumber, berikut adalah langkah-langkahnya: 

1. Buka aplikasi Google Maps,lalu masukkan alamat rumah atau alamat lokasi objek yang ingin diburamkan.

2. Masuk ke mode Street View. Caranya, seret ikon kuning kecil berbentuk manusia yang bisa ditemui di pojok kanan bawah layar.

3. Selain itu, cara lain juga bisa dilakukan. Anda bisa mengklik pin rumah Anda, kemudian pilih gambar 360 derajat di pojok kiri bawah aplikasi.

4. Kemudian, identifikasi dan pilih rumah/objek yang ingin diburamkan.

5. Klik menu dengan cara menekan tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

 6. Klik ''Laporkan Masalah'' kemudian objek tersebut akan tampil dengan kotak merah. 

7. Klik minta pemburaman. Pilih opsi pemburaman, misalnya ''Rumah Saya''.

8. Deskripsikan alasan Anda untuk melakukan pemburaman secara lebih detail.***