BAGANSIAPIAPI - Kebakaran lahan kembali terjadi di Darussalam, Kecamatan Sinaboi, Rokan Hilir, Riau, Jumat (5/2/2021). Dalam minggu ini, daerah tersebut sudah dua kali mengalami kebakaran lahan setelah sebelumnya terjadi pada Rabu (3/3/2021).

Kebakaran lahan tersebut dilaporkan warga ke Penghulu Darussalam, Rahmad Abdah. Lalu rahmad langsung melakukan koordinasi dengan camat dan kapolsek AKP Evi Hermanto. Tim yang terdiri dari Polsek, TNI, MPA (masyarakat peduli api), persenil kecamatan dan kepenghuluan pun akhirnya turun ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Kapolsek Sinaboi, AKP Evi Hermanto menyebutkan, pihaknya begitu menerima informasi langsung berkoordinasi dan turun ke lokasi karhutla dengan membawa peralatan pemadam. ''Karena lokasinya yang agak sulit, mobilisasi peralatan memang memakan waktu lama. Tapi semangat teman-teman tidak pudar, hingga akhirnya sampai di lokasi,'' ujar Evi Hermanto.

Penghulu Darussalam, Rahmad Abdah menyebutkan, pihaknya bersama Babinsa, Babinkamtibmas telah membuat himbauan kepada masyatakat tentang bahaya Karhutla dan ancaman hukuman bagi pelaku Karhutla. ''Termasuk kami menghimbau warga jangan membuang puntung rokok sembarangan, karena lahan kita umumnya gambut yang mudah terbakar. Dan pihak RT juga diminta segera membuat laporan jika terjadi Karhutla di daerahnya,'' ujar Rahmad. ***