BANGKINANG - Berani jujur hebat. Kejujuran merupakan nilai mulia yang kini terasa begitu mahal dimiliki oleh seseorang. Demi sebuah keuntungan lebih, seseorang rela berbohong. Namun apa yang dilakukan oleh seorang pelajar SD di Kota Bangkinang, Kabupaten Kampar ini patut menjadi renungan dan contoh bagaimana kejujuran itu ditegakkan dan dimulai dari hal-hal yang sederhana. Ia juga memberikan pelajaran bagi masyarakat bagaimana sikap jujur itu perlu ditanamkan sejak kecil hingga ajal menjemput.

Dan bagaimana seseorang menghargai sebuah kejujuran sehingga menimbulkan rasa empati mendalam tergambar pula pada sosok polisi yang berinteraksi langsung dengan sang pelajar di sebuah SD di Bangkinang tersebut kala ia bertugas mengatur arus lalu lintas pada Selasa (21/1/2020) pagi dan membantu menyeberangkan pelajar SD ini yang menggunakan sepeda berangkat menuju sekolah sambil berjualan buah rambutan.

Aksi pelajar SD dan sosok polisi Bripka Novandra yang juga menjabat Baur SIM Sat Lantas Polres Kampar ini ternyata menjadi viral di media sosial, Selasa (21/1/2020). Apa yang dialami Novan dan diceritakannya di media sosial facebook mendapat tanggapan dari ratusan temannya di facebook.

Dalam postingannya di akun facebook miliknya, Novan menceritakan peristiwa yang membuat ia terharu sampai meneteskan air mata akibat sikap mulia sang pelajar SD ini.

Kisah itu berawal saat dia melaksanakan pengaturan lalu lintas, Selasa (21/1/2020) pagi. Saat itu ia melihat seorang anak SD yang ingin menyeberang jalan hendak ke sekolah menggunakan sepeda sambil menenteng sebuah bingkisan plastik yang ternyata isinya beberapa tangkai buah rambutan.

Sambil ia menyeberangkan anak SD tersebut ia langsung ia menanyakan apa yang dibawa anak tersebut dan anak sekolah tersebut menjawab bahwa ia membawa rambutan untuk dijual di sekolah. Ia berencana menjualnya Rp 1.000/3 biji. Jawaban sang anak tersebut mulai membuat Novan terharu. "Uangnya untuk apa dek? Untuk jajan dan sisanya ditabung beli buku om," jawab sang anak sebagaimana ditulis Novan di akun miliknya.

Lalu ia memutuskan membeli semuanya dan sang anak menyebutkan bahwa harga semuanya Rp 13.000.

Novan lalu memasukkan uang Rp 15.000 ke kantong baju sang anak dan anak tersebut menyampaikan terima kasih sambil tersenyum dan berlalu meninggalkan Novan menuju sekolahnya.

Namun tak lama berselang, beberapa menit sang anak meninggalkannya, alangkah terkejutnya Novan karena pelajar yang masih berwajah lugu ini datang kembali menghampirinya.

"Om.. uang yang om kasih tadi Rp15.000, ini sisanya Rp2000 saya kembalikan om," tulis Novan menirukan ucapan sang anak.

Melihat sikap dan kejururan dan semangat anak itu lalu Novan mengizinkan anak tersebut untuk mengambil sisa uangnya Rp 2.000. "Saya jawab, ''ambil aja dek," itu untuk mu.. Pada saat itu juga saya tidak sadar meneteskan air mata saya," kata Novan lagi.

Mendengar hal itu, sang anak lalu kembali meninggalkan sang polisi yang murah senyum ini dan kembali mengucapkan terima kasih sambil mendayung sepedanya ke arah sekolah.

Ketika ditanya mengenai peristiwa menarik yang dialaminya, Bripka Novandra mengatakan bahwa sikap anak ini memiliki makna yang luar biasa bagaimana dia mengajarkan nilai kejujuran kepada dirinya dan masyarakat pada umumnya ketika hal ini ia kabarkan ke khalayak ramai.

:JANGAN PERNAH MALU UNTUK SUKSES..
#Semogacita2muterwujutdek
#Polosisahabatanak," begitu tulis Novan diakhir postingannya.

Status fb yang ditulis Bripka Novan ternyata mengundang simpati teman-temannya di medsos facebook. Hampir 500 orang netizen telah memberikan "like" untuk status fb Novan dan ditambah lagi puluhan komentar pujian untuk sang anak yang jujur dan polisi yang baik hati. Semua netizen menulis apresiasi dan pujiannya baik kepada pelajar SD yang tidak diketahui namanya itu maupun kepada Novan sebagai sosok polisi yang merakyat dan bersahabat dengan anak. ***