PEKANBARU, GORIAU.COM - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya menegaskan, jika kondisi udara di hampir seluruh daerah di Provinsi Riau, kurang baik. Ini dikarenakan, semakin tingginya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Berdasarkan pantauan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) tanggal 10 hingga 13 Februari, itu tidak baik lagi. Hampir semua daerah ISPU-nya sedang," katanya saat memimpin Rapat Koordinasi Renacana Aksi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Karhutla, di Gedung Daerah Riau, Senin (16/2/2015).

Beberapa daerah itu lanjut Siti Nurbaya, Kota Pekanbaru, Duri, Ukui (Pelalawan), Siak, Petapahan (Kampar) dan sebagainya. Kondisi ini menurutnya, harus segera diantisipasi agar tidak terus terjadi.

Pihaknya kata Siti Nurbaya, mengapresiasi adanya Pergub Nomor 5 tahun 2015 tentang Rencana Aksi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Karhutla di Riau. Dia meminta, Pergub itu harus dikuatkan oleh kabupaten/kota se-Riau.

Siti Nurbaya juga meminta seluruh stake holder yang ada, agar turut bahu-membahu dalam mencegah Karhutla di Riau. Menurutnya, rencana aksi ini akan mendapat dukungan dari pemerintah pusát.

Menteri LHK juga mendengarkan langsung paparan dari Plt Gubri H Arsyadjuliandi Rachman, Kepala BLH, Pakar Ahli Gambut dari Universitas Riau, Kepala BMKG Pekanbaru, Kepala BNPB Pusat dan lainnya.***