PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengimbau masyarakat Desa Terantang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, yang terlibat konflik, agar dapat menahan diri dan menjaga suasana kondusif, pasca bentrok antara warga dengan pihak pengamanan koperasi Iyo Basamo, Minggu (19/6/2022).

“Itu sudah diselesaikan oleh Kapolda, dan saya sudah mendapatkan laporan dari Kapolda soal penyelesaian yang ada di Kampar. Mudah-mudahan kondusif lah,” kata Gubri, Senin (20/6/2022).

Sementara itu, Pj Bupati Kampar, Kamsol, menjelaskan pihaknya bersama Polres, pengadilan, tokoh masyarakat, dan tokoh agama telah melakukan gerak langkah untuk menyelesaikan konflik, agar tidak terjadi lagi bentrokan lebih lanjut.

“Kami sudah melakukan pendekatan, sore kemaren pas mendapat kabar ada gesekan, saya langsung koordinasi dengan kapolres dan Dandim, tim terpadu untuk turun ke lapangan. Alhamdulillah malamnya sudah terkendali dan kondusif,” kata Pj Bupati Kampar, Kamsol.

Dijelaskan Kamsol, setelah mendapatkan pengamanan dari pihak Polres dan Dandim. Pihak keamanan langsung mengamankan pelaku yang menyerang warga secara brutal, baik dengan menggunakan senjata tajam, maupun dengan kayu. Pelaku diamankan untuk selanjutnya menjalani proses hukum. ***