JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis menginstruksikan kepada seluruh anggota polisi dan keluarganya agar hidup sederhana.

Instruksi hidup sederhana itu kembali ditegaskannya saat kunjungan kerja ke Polda Sulawesi Barat, baru-baru ini.

Dikutip dari merdeka.com, Kamis (16/1), yang melansir dari akun instagram @polisiselebriti, dalam kunjungan kerja di Sulbar itu, Idham menceritakan saat dirinya menjadi Kapolda Metro Jaya. Kemudian ia menceritakan kesederhanaan Ibu Iriana, istri Presiden Jokowi Widodo (Jokowi).

''Kau bisa bayangkan itu, saya cerita sama kamu kalau ibu negara itu mau pulang ke Solo, saya Kapolda Metro 18 bulan, tidak ada yang ngantar. Ada 2 saja Paspampres dari belakang lihat-lihat masuk itu di ruang tunggu biasa,'' ucap Idham.

Setelah menceritakan tentang kesederhanaan Ibu Iriana, Jenderal Idham pun kemudian membandingkan dengan istri Kapolres.

''Kau bayangkan itu kalau ibu Kapolres, kalau mau berangkat ke Jakarta, semua ditutup itu, ruang VVIP nya itu, bandara apa, tanpa pandang. Itu baru ibu Kapolres, bagaimana kalau ibu Kapolda. Tapi bukan di sini contoh saya, di Polda lain,'' ucap Idham disambut tepuk tangan meriah para anggota kepolisian.

Idham pun mengatakan jika dirinya sering menggunakan mobil biasa, bahkan saat pergi ke Istana.

''Tapi pelajarannya saya mau ambil bahwa kadang-kadang kita itu tidak menyadari kita itu diomongin sama orang. Makanya saya sejak Kapolri tidak pernah pakai itu mobil bintang empat, kau lihat saja sendiri, kalau saya pergi ke Istana mobil biasa saja gitu,'' ucap Idham.***