KAMPAR - Kapolres Kampar, AKBP Mohammad Kholid SIK memerintahkan seluruh jajarannya mulai dari tingkat polres hingga polsek untuk mengintensifkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pihaknya juga melakukan imbauan kepada masyarakat dan patroli rutin ke lokasi-lokasi rawan Karhutla, Rabu (3/3/2021).

Kapolres Kampar juga memobilisasi seluruh Bhabinkamtibmas jajaran yang berjumlah 130 orang guna untuk memaksimalkan upaya pencegahan. Mereka diperintahkan untuk meningkatkan intensitas kegiatan, khususnya dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla di desa binaannya.

"Ditingkat polres juga ada Tim Pemburu Karhutla dari Satuan Sabhara yang didukung beberapa personel Satuan fungsi lainnya, mereka dibagi dalam beberapa tim sesuai daerah sasarannya. Untuk melakukan patroli karhutla serta menangani langsung apabila menemukan titik api di wilayah sasarannya," ujarnya.

Dijelaskannya, Tim Patroli Karhutla ini juga dibekali dengan berbagai peralatan seperti Mesin Robin, Mini Straker, selang penyemprot serta peralatan pendukung lainnya, termasuk alat komunikasi HT yang efektif digunakan pada wilayah yang tidak terjangkau sinyal seluler. Mereka juga membagikan brosur dan maklumat kapolda tentang larangan membakar lahan serta ancaman pidananya.

"Untuk Bhabinkamtibmas yang bertugas di perdesaan ini, juga saya arahkan agar bersinergi dengan babinsa, aparatur desa maupun kelompok masyarakat peduli api (MPA) supaya aktif melakukan kegiatan pencegahan serta penanganan apabila terjadi Karhutla", ucapnya.

Kapolres Kampar juga berharap dengan gencarnya upaya pencegahan karhutla ini dapat berkontribusi dalam meniadakan atau meminimalisir kebakaran hutan dan lahan.***