PEKANBARU - Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mengakui kapasitas SMP Negeri yang ada memang tidak mencukupi untuk menampung seluruh lulusan SD di Kota Pekanbaru, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini, Rabu (1/7/2020). Oleh karena itu, ia meminta agar Dinas Pendidikan memastikan proses pelaksanaannya berjalan dengan jujur dan sebenar-benarnya.

"Pasti ada yang tidak bisa masuk. Maka itu prosesnya harus dipastikan berjalan dengan jujur dan sebenar-benarnya, agar jangan ada yang merasa dicurangi," ujar Ayat.

Ayat juga memberikan pengarahan kepada orangtua agar dapat memahami bahwa prestasi dan kesuksesan peserta didik terletak pada semangat dan motivasi belajarnya pribadi. Artinya, dimanapun anak ini ditempatkan untuk dididik, keberhasilannya adalah karena motivasinya yang tinggi.

"Kepada orangtua, kuncinya adalah anak motivasi belajar anak itu sendiri. Kalau motivasi belajarnya bagus, ditempatkan dimanapun dia akan tetap berhasil," jelasnya.

Sementara itu, Ayat mengatakan kurangnya daya tampung SMP Negeri ini, harus menjadi PR yang diperhatikan dengan serius. Ayat juga meminta Dinas Pendidikan melakukan pemetaan yang akurat sekolah-sekolah dan berharap akan ada penambahan sekolah baru.***