JAKARTA - Tim hoki Outdoor Kalimantan Timur (Kaltim) dan Jawa Barat (Jawa Barat) merajai Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Hoki sekaligus babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Pada laga pamungkas di Lapangan Hoki Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (2/11/2019), Tim hoki putri Kaltim menekuk putri Jabar dengan skor 1-0 sedangkan Tim Hoki putra Jabar menebus kegagalan dengan menundukkan Kaltim dengan skor 2-1.

"Alhamdulilah tim putri berhasil mengalahkan tim Jawa Barat dengan skor 1-0 dan otomatis emas kami bawa pulang. Sayangnya tim putra gagal meraih emas, tapi tetap lolos ke PON Papua," ungkap Ketua Pengprov Federasi Hockey Indonesia ( Pengprov FHI) Kaltim, Najemuddin yang ditemui usai pertandingan.

Secara terpisah, Ketua Umum Federasi Hoki Indonesia (FHI), Brigjen TNI Yus Adi Kamrullah saat menutup Pra PON Hoki Outdoor di Lapangan Hoki Gelora Bung Karno Jakarta mengaku bersyukur karena event berjalan dan lancar dan sukses. Dia juga mengapresiasi antusiasme daerah dalam mengikuti event ini. Bahkan, Yus Adi optimis perkembangan hoki di Indonesia akan semakin meluas ke seluruh Tanah Air.

"Antusiasme daerah dalam mengikuti Pra PON kali ini sejalan dengan misi kami untuk mengembangkan hoki modern yang telah kami rintis sejak 2011. Perkembangan ini membuat kami optimis hoki semakin diminati masyarakat khususnya kaum muda di Indonesa," tandasnya.

"Pra-PON ini jadi tolak ukur kekuatan tiap daerah. Keseluruhan terjadi peningkatan dari dari segi peraturan, permainan, maupun teknis. Ini buah dari Asian Games 2018 lalu. Kami menebar hoki modern ke berbagai daerah, tapi memang belum merata dalam menyerapnya. Ke depan, kita akan terus tingkatkan sehingga kualitas pertandingan hoki di PON Papua 2020 bisa lebih meningkat dan enak ditonton, " tambahnya.

Tim Hoki Outdoor Putri Kaltim. 

Setelah bertandingan selama kurang lebih sepekan sejak 26 Oktober, sebanyak 14 tim (tujuh putra dan tujuh putri) memastikan diri lolos ke PON 2020. Di kelompok putra tujuh provinsi yang lolos. Begitu juga di kelompok putri.

Tim Yang Lolos ke PON 2020 Papua

Putra: 1. Jawa Barat, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Sumatera Utara dan Papua Barat.

Putri : 1. Kalimantan Timur, 2. Jawa Barat, 3. DKI Jakarta, 4. Sumut, 5. Papua Barat, 6. Sulawesi Selatan, 7. Jawa Timur. ***