MANILA- Petenis andalan Indonesia, Aldila Sutjiadi (24) berhasil melaju ke babak akhir dua nomor tenis SEA Games 2019, yakni tunggal putri dan ganda campuran.

Pada semi final di Rizal Memorial Tennis Centre, Manila, Filipina, Rabu (4/12/2019), unggulan kedua itu mengalahkan seeded ketiga, Aunchisa Chanta dari Thailand. Dila unggul straight set 6-2 6-2.

“Saya sangat senang bisa masuk babak final mengalahkan pemain Thailand. Saya bermain cukup baik hari ini walaupun pasti ada tegangnya juga. Tapi saya bisa menenangkan diri saya dan bermain dengan baik,” kata Aldila usai laga.

Meski bagus dalam penempatan dan servis, namun Aldila mengakui masih melakukan kesalahan sendiri. “Ada beberapa kesalahan double foult dan itu akan saya perbaiki pada final nanti. Semoga saya bisa bermain dengan baik lagi di final dan tetap semangat,” tuturnya.

Sayangnya langkah Dila tidak berhasil dikuti juniornya, Priska Madelyn Nugroho (16) yang harus menyerah dari wakil Vietnam, Savanna Ly Nguyen. Priska mundur dalam kedudukan 4-6 3-3.

Di ganda campuran, duet Aldila/Christo melangkah mulus ke final setelah unggul mudah atas Sonchat Ratiwatana/Patcharin Cheaphandej (Thailand). Pasangan emas Asian Games 2018 itu menang straight set 6-2 6-3.

“Pastinya sangat senang bisa memenangkan pertandingan hari ini dan kami bermain cukup solid,” kata Aldila.

“Sudah sesuai ekspektasi dan permainan cukup bagus daripada yang kemarin. Semoga next-nya lebih bagus dari hari ini dan kami siap meraih emas,” timpal Christo.

Aldila/Cristo

Sesuai jadwal, Final tunggal putri akan berlangsung Jumat (6/12) sedangkan babak akhir ganda campuran digelar Sabtu (7/12/2019).

Adapun Kamis (5/12/2019), wakil Indonesia akan tampil di nomor ganda, baik putra maupun putri. Setelah memperoleh bye di laga pembuka, Beatrice Gumulya/Jessy Rompies yg menempati seeded teratas bakal meladeni duet Vietnam, Minh Trang Dao/Csilla Fodor di perempat final.

Sedangkan Rifanty Kahfiani/Priska Nugroho usai menang atas Suhana Adam Das/Jawairiah Noordin akan menantang unggulan kedua, Peangtarn Plipuech/Tamarine Tanasugarn. ***