PEKANBARU - Stadion Kaharuddin Nasution Pekanbaru atau yang lebih dikenal dengan sebutan Stadion Rumbai yang dibangun di tahun 1980 sudah berpuluh tahun menjadi home base atau markas dari PSPS Riau, terakhir stadion berkapasitas lebih kurang 20.000 penonton ini mengalami pembenahan pada tahun 2010 ketika Provinsi Riau menjadi tuan rumah pada pagelaran PON di tahun 2012.

Baru-baru ini Stadion Kaharuddin Nasution menjadi tuan rumah Grup A Liga 2 Indonesia, beberapa tim tamu seperti Sriwijaya FC, Muba Babel United, Tiga Naga, PSMS Medan dan Semen Padang mengeluhkan kondisi lapangan yang cenderung keras dan tidak rata.

Bahkan jika dilihat dengan kasat mata, beberapa sisi lapangan ada yang tidak ditumbuhi rumput dengan sempurna.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Riau, Bobby Rahmad menerangkan dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan melakukan renovasi Stadion Kaharuddin Nasution Pekanbaru.

"Di tahun 2022 jika tidak ada halangan InnSyaAllah Stadion Kaharuddin Nasution akan kita benahi, jadi ini juga berdasarkan masukan dan hasil evaluasi dari PSPS serta tim tamu dan PT LIB," katanya, Rabu (1/12/2021).

Bobby menyadari bahwa stadion tersebut merupakan bagian sejarah dari PSPS Riau, dari itu pemerintah provinsi juga akan ikut terlibat untuk membenahi fasilitas untuk PSPS Riau. "Yang paling mendasar pembenahan di rumput," terangnya.

Kota Pekanbaru tidak hanya memiliki satu stadion saja, Stadion Utama Riau yang berstandar internasional dan dibangun pada tahun 2009 ini mampu menampung 44.000 penonton, pembangunan stadion megah ini menghabiskan dana hingga Rp1,18 triliun.

Bobby mengatakan Pemprov Riau juga akan melakukan renovasi serta perawatan di waktu yang mendatang.

"Ini tidak bisa hanya dari pemerintah provinsi, pemerintah kota diharapkan juga memberikan dukungannya," ucapnya.

Lanjut Bobby, dia memastikan anggaran untuk pembenahan Stadion Kaharuddin Nasution Pekanbaru sudah dianggarkan oleh Pemprov Riau dan juga sudah disahkan oleh DPRD Riau.

Namun sayang, Bobby belum bersedia membeberkan berapa anggaran yang sudah disiapkan oleh pemerintah untuk melakukan pembenahan di Stadion Kaharuddin Nasution ini.

"Mangkanya saya berani menyampaikan, anggaran secara rinci belum bisa saya pastikan. Tapi yang jelas itu akan kita benahi," tutupnya. ***