MERBAU, GORIAU.COM - Tidak hanya pejabat tinggi saja yang harus memiliki keahlian berkomunikasi, para kepala desa dan lurah juga harus memilikinya. Paling tidak, komunikasi yang dibangun kepala desa bisa menjadi penengah di tengah masyarakat.

''Kepala desa itu koordinator pembangunan di desa, kades harus mampu menyatukan berbagai kepentingan dan perbedaan pendapat demi terwujudnya kemajuan desa,'' sebut Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir di hadapan empat kepala desa se-Kecamatan Merbau. 

Dikatakan, mampu membangun komunikasi dengan berbagai pihak, dengan tujuan untuk menemukan celah terlaksananya pembangunan desa. Tidak hanya dijajaran teknis saja, melainkan juga harus mampu membangun komunikasi dengan berbagai kepala dinas. Tidak cukup di tingkat kabupaten, namun juga harus mampu mencari informasi pembangunan ke provinsi maupun ke pusat.

Seorang kades tidak hanya mengandalkan ADD saja atau APBD kabupaten belaka, namun harus mampu mengggali sumber pendaaan pembangunan dari berbagai pihak, termasuk dari peran swasta. Sehingga kemajuan pembangunan desa akan jauh lebih cepat dari pada perkiraan rencana pembagunan tersebut. Kepala desa sebagai figur pembangunan dan pemersatu masyarakat juga harus mampu memberikan contoh yang baik bagi warganya. (kpt)