PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pelalawan melalui Bagian Kesejahteraan Sosial Setkab Pelalawan, di tahun anggaran 2014 mengalokasikan dana bantuan pendidikan sebesar Rp 3 milyar.

"Ada 800 proposal pengajuan dana pendidikan yang masuk, Insya Allah Juni nanti sudah bisa dicairkan,''sebut Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Setkab Pelalawan, Erwarli, S.Ag,M.Si, Jumat (23/5)

Dikatakanya, untuk besaranya telah tertera pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2014 ini dan pelajar Pelalawan yang mendaftar sesuai dengan persyaratan berlaku, berhak mendapatkan bantuan tersebut.

"Ratusan proposal itu sedang proses verifikasi. Selanjutnya, sebelum proses pencairan para penerima akan dibubuhkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Pelalawan, sebagai legalitas terakhir,"katanya.

Dijelaskanya, setiap mahasiswa yang memenuhi syarat akan mendapatkan bantuan dana pendidikan berkisar Rp 1,8 sampai Rp 2,5 juta.

"Sesuai dengan perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) masing-masing pelajar. Untuk Nilai IPK 3,5 keatas menerima Rp 2,5 juta, sedangkan kebawahnya sampai IPK mininal hanya mendapat Rp 1,8 juta. Persyaratan penerima dana bantuan pendidikan tersebut bagi mahasiswa jurusan sosial minimal IPK 2,75 non-eksakta dan Eksakta IPK 2,5,"jelasnya.

Ditambahkanya, penerima bantuan dana pendidikan hanya untuk mahasiswa D3 dan S1 saja. Sedangkan S2 dan S3 ditiadakan, pasalnya pada tahun sebelumnya menjadi temuan BPK.

"Sudah 2 tahun terakhir tak ada lagi untuk S2 dan S3, meski sempat dialokasikan,''tandasnya.(rkn)