JAKARTA - Joe Biden dan Kamala Harris menjadi presiden dan wakil presiden (Wapres) terpilih Amerika Serikat (AS). Joe Biden akan menjadi presiden tertua dalam sejarah AS.

Sedangkan Kamala Harris akan menjadi wanita pertama yang menduduki jabatan Wapres AS.

Joe Biden lahir pada 1942, sehingga pada 20 November 2020 mendatang, Biden akan berusia 78 tahun. Sebelumnya, presiden tertua AS adalah Ronald Reagan. Reagan mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden AS tahun 1989 pada usia 77 tahun. Ronald Reagan berusia 69 tahun saat dilantik pada 1981.

Dikutip dari Kompas.com yang melansir USA Today, Biden dalam sebuah wawancara dengan media ABC mengaku wajar jika orang-orang membahas mengenai usianya.

''Mudah-mudahan, saya bisa menunjukkan bahwa dengan usia, datang kebijaksanaan dan pengalaman yang bisa membuat segalanya jauh lebih baik. Itu untuk Anda semua yang memutuskan, bukan saya yang memutuskan'' kata Biden.

Sementara rival Biden dalam Pilpres AS 2020, yakni Donald Trump, berusia 70 tahun saat dilantik menjadi presiden AS pada 20 Januari 2017.

Adapun Biden akan resmi menjadi presiden AS nanti ketika dilantik pada 20 Januari 2021.

Dokter Biden, Kevin C O’Connor, mengatakan, Biden memiliki detak jantung yang tak teratur.

Dia mengatakan, Biden tak perlu pengobatan atau perawatan lain terkait kondisinya yang disebut dengan fibrilasi atrium nonvalvular.

Pada Desember 2019, dokter Biden pernah menuliskan laporan yang menjelaskan bahwa mantan Wapres AS era Barack Obama itu dalam kondisi sehat, kuat, dan bugar untuk menjalankan tugas kepresidenan.

Selain Biden, ada beberapa presiden AS dengan usia masuk kategori tua saat dilantik. Berikut daftarnya:

- Donald Trump dilantik menjadi presiden AS kala berusia 70 tahun. Di akhir masa jabatannya, ia berusia 74 tahun.

- Ronald Reagan berusia 69 tahun saat dilantik sebagai presiden AS pada 1981.

- William Henry Harrison berusia 68 tahun saat dilantik sebagai presiden AS pada 1841.

- James Buchanan berusia 65 saat dilantik sebagai presiden AS pada 1857.

Sejarah AS mencatat pula beberapa presiden termuda, yakni:

- Ulysses S Grant berusia 46 tahun saat dilantik sebagai presiden AS pada 1869.

- Theodore Roosevelt berusia 42 tahun saat dilantik sebagai presiden AS pada 1901.

- John F Kennedy berusia 43 tahun saat dilantik sebagai presiden AS pada 1961.

- Bill Clinton berusia 46 tahun saat dilantik sebagai presiden AS pada 1993.

Kisah Tragis Joe Biden

Di balik sosok Biden yang murah senyum di depan kamera, ia memiliki kisah yang pahit.

Mengutip New Sky, pada tahun 1972, selang beberapa waktu Biden dilantik sebagai senator, istrinya meninggal dalam sebuah kecelakaan.

Selang beberapa minggu kemudian, putrinya yang masih berusia satu tahun yang juga ikut dalam kecelakaan meninggal. Sementara itu, kedua anaknya yang lain terluka parah.

Usai kejadian itu, Biden saat itu membulatkan tekadnya melihat anak laki-lakinya setiap malam untuk melakukan perjalanan kereta selama satu setengah jam dari Delaware ke Washington DC di awal dan akhir setiap hari untuk mengucapkan selamat malam kepada mereka.

Bagaimana Biden mengatasi masalah keluarga saat itu begitu dikenal di AS.

Pada 2015, Biden kembali mendapatkan tragedi, salah satu anak laki-lakinya yang saat itu telah berusia 46 tahun meninggal akibat kanker otak.

Kesedihannya saat itu banyak dikaitkan kenapa pada saat itu tidak menjadi pesaing Trump pada Pilpres 2017.

Biden pada era kepresidenan Barack Obama menjabat sebagai wakil presiden selama delapan tahun.

Banyak pengalaman yang telah dimilikinya dinilai sebagai hal yang cocok untuk menjadi presiden.

Sir Peter Westmacott, yang pernah menjadi duta besar Inggris untuk AS selama masa Obama, mengatakan kepada Sky News bahwa Biden memang sudah tua untuk calon presiden.

''Namun, dia sangat berpengalaman. Dia punya banyak kontak luar biasa di seluruh dunia. Dia tahu banyak dan sangat peduli tentang berbagai negara yang harus dia kenal,'' ujar Westmacott.

''Dia akan menjadi orang yang mengerti bahwa di banyak bidang dia perlu memiliki orang-orang muda yang mampu untuk didelegasikan daripada mencoba melakukan semuanya sendiri,'' lanjutnya.***