PEKANBARU - Endang Sukarelawan, Calon Ketua KONI Riau periode 2021-2025 merancang dana abadi sebagai sumber pendanaan jangka panjang program peningkatan prestasi olahraga dan menjamin kesejahteraan atlet maupun pelatih.

Menurutnya, saat ini olahraga telah menjadi bagian yang tak bisa terpisahkan dalam kehidupan masyarakat, bahkan melalui olahraga dapat dilakukan pembangunan karakter suatu bangsa. Sehingga dalam hal ini olahraga menjadi sarana strategis untuk membangun kepercayaan diri, identitas bangsa dan kebanggaan nasional.

"Karenanya dengan diawali bismillah saya maju sebagai Calon Ketua Umum Koni Riau dan telah mempersiapan konsep visi dan misi," katanya, Ahad (21/11/2021).

Lanjut Endang, melalui pembinaan olahraga yang sistematis dan semberdaya manusia yang berkualitas akan dapat diarahkan pada peningkatan pengendalian diri, tanggungjawab, disiplin, sportivitas yang pada akhirnya dapat memperoleh prestasi olahraga yang bisa membangkitkan kebanggaan nasional.

"Penanganan keolahragaan ini tidak dapat lagi ditangani secara sekedarnya, tetapi harus ditangani secara profesional. Penggalangan sumber daya untuk pembinaan dan pengembangan keolahragaan dilakukan melalui pembentukan dan pembangunan hubungan kerja para pihak terkait secara harmonis, terbuka, timbal balik, sinergis dan saling mendukung demi kepentingan bersama," paparnya.

Dengan mengusung visi dan visi menjadikan KONI Riau Bersinar atau Berintegritas, Sportivitas, Inklusif, Aspiratif, Responsif. Endang berharap dengan program Bersinar dapat meningkatkan profesionalisme dan performa organisasi KONI Riau sehingga membawa Riau Bersinar dalam prestasi olahraga dan membawa marwah negeri Riau Bersinar.

"Untuk terwujudnya KONI Riau yang profesional, maka tata kelola organisasi haruslah mengedepankan integritas, transparansi, akuntabilitas dan fair serta menjunjung keadilan," jelasnya.

Sedangkan untuk meningkatkan prestasi dan kejayaan olahraga Riau, maka haruslah melalui pembinaan atlit dan pelatih secara terencana, sistematis, dan berkesinambungan.

Jika nantinya terpilih menjadi Ketua KONI Riau, Endang merencanakan adanya program Dana Abadi yang bersumber dari program investasi maupun CSR dari perusahaan yang ada di Riau.

"Sehingga tidak hanya bergantung pada dana APDB, selain itu mekanisme ini juga untuk menjamin pendanaan program maupun kesejahteraan atlit dan pelatih secara jangka panjang," pungkas Endang. ***