SELATPANJANG - Berada di tengah perkotaan tak membuat lahan bebas dari terbakar. Jelang Salat Isya, lahan yang berada di Jalan Merdeka Selatpanjang, Kepulauan Meranti, dilahap si jago merah.

Sontak kejadian ini membuat warga sekitar menjadi kaget serta langsung melaporkan kepada pihak polisi dan Damkar BPBD Kepulauan Meranti.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kepulauan Meranti M Edy Afrizal mengatakan kebakaran itu t erjadi sekitar pukul 18.45 WIB. Kebakaran di tengah kota Selatpanjang itu berlokasi di Jalan Merdeka tepatnya di belakang Mess Dispenda Riau, Kelurahan Selatpanjang Kota, Kecamatan Tebingtinggi. "Luas lahan yang terbakar sekitar 1/6 Ha," kata Edy.

Edy juga mengatakan, jenis Lahan yang terbakar merupakan lahan masyarakat yaitu kebun pisang.

Dalam memadamkan kebakaran Selasa malam, selain personil pemadam dan Damkar BPBD Meranti, juga dibantu anggota Polri sebanyak 6 orang, dan anggota TNI 3 orang. "Kalau anggota kita ada 8 orang dengan peralatan yang digunakan, 1 unit mobil damkar," beber Edy.

Api baru bisa dipadamkan dalam waktu lebih kurang 20 menit. Kata Edy juga, api diduga berasal dari pembakaran sampah.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kepulauan Meranti untuk tidak membakar baik di pemukiman maupun di lahan yang jauh dari rumah penduduk. ***