JAKARTA - Massa mulai memenuhi kawasan Patung Kuda, Medan Merdeka, Jakarta pada pagi pukul 8.30 WIB, Kamis (27/6/2019). Mereka adalah massa yang bersiap untuk melakukan aksi kawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas hasil Pilpres 2019.

Anggota TNI dengan truknya juga sesekali terlihat melintasi jalan. Beberapa kali massa berteriak 'Hidup TNI!' sembari bertepuk tangan dan melambaikan tangan.

"Kami dari Bogor, ya banyak juga teman dari luar Jakarta. Iya, iya kami nunggu putusan MK. Tahunya saya ada juga ini teman dari 212, FPI, tuh itu ada spanduknya dipajang tuh," ujar Dani, pemuda asal Bogor di Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Massa banyak yang memilih duduk di pinggiran pembatas jalur busway karena jalan menuju MK dari Patung Kuda juga ditutup. Mereka mengisi waktu di pagi hari dengan berfoto ria dan menyanyikan lagu-lagu membela Paslon 02, Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.

Selain itu, terdapat juga posko relawan di depan Gedung Indosat Ooredoo. Berdus-dus air mineral dan makanan dibagikan secara gratis kepada massa.

"Mau di sini ya sampai siang, sore, kali. Saya bakalan nunggu aja di sini terus, sampe putusan (keluar)," lanjut Dani.

Pengalihan Arus

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menyiapkan rencana pengalihan arus kendaraan pada saat sidang putusan. Rencana awal pengalihan arus untuk mengantisipasi adanya demonstrasi saat putusan sengketa pemilu yakni:

Arus dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih. Arus dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan Jalan Abdul Muis yang akan menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.

Kemudian, arus dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin. Lalu arus dari Jalan Hayam Wuruk yang akan menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan Ir. H. Juanda.

Arus dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.

Arus dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah TL Harmoni. Lalu arus dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke arah kanan Jalan Perwira.

Terakhir, arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur. ***