PEKANBARU - Mendekati perayaan Natal dan Tahun baru 2019, Badan SAR Nasional Riau menyiagakan 82 personel. Para petugas ditempatka di berbagai wilayah pesisir.

Hal itu dikatakan Kepala Basarnas Pekanbaru, Gede Darmada. Dia menyebutkan, anak buahnya sudah mulai bekerja menjelang perayaan tahunan itu. "Hari ini personel kita mulai aktif," ujar Gede, Rabu (19/12).

Para personel dibekali dengan perlengkapan khusus. Seperti kapal cepat, perahu karet dan perlengkapan penyelamatan lainnya. Petugas nantinya akan disebar di berbagai wilayah yang dianggap memiliki potensi terjadinya bencana.

Gede menjelaskan, anggotanya disebar pertama di Bengkalis. Menurutnya, lokasi ini menjadi fokus utama, sebab biasanya di hari libur dan hari hari besar seperti Natal dan Tahun Baru penyeberangan mengalami peningkatan arus kendaraan.

Kemudian di wilayah Dumai hingga Rokan Hilir juga menjadi perhatiannya . Bukan hanya itu, personel juga akan ditempatkan di pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru.

"Bandara juga kita ada tentu nanti berkoordinasi dengan tim di posko terpadu," terangnya.

Penyiagaan ini dijelaskan Gede akan berlangsung selama dua pekan, yakni hingga 1 Januari 2018. "Kita berharap semua perosnel siaga dan tak ada bencana yang terjadi di moment Natal dan Tahum Baru 2019 ini," pungkasnya. (gs1)