SIAK SRI INDRAPURA, - Dalam rangka mencerdaskan masyarakat, Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi membuka Jambore Perpustakaan ke- 4 di Halaman Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Siak, Kamis (2/6/2016).

Turut hadir Plt Kepala Perpustakaan Nasional Dedi Junaidi, Kepala Perpustakaan Provinsi, Kepala Perpustakaan Kota Pekanbaru serta narasumber Seorang Penulis terkenal Darwis Tere Liye dan Pendongeng yang khas dengan gaya mendongeng islami, Daiah Lulu Susanti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18062016/1jpg-4845.jpgBupati foto bersama dengan Plt Kepala Perpustakaan Nasional dan Siswa SD Pendongeng Asal kecamatan Dayun.

"Ada banyak cara untuk mencerdaskan bangsa, salah satunya adalah dengan cara mendatangkan minat baca untuk seluruh masyarakat tanpa terkecuali," ujar Syamsuar.

Ads
Diketahui mulai tahun 2016 ini mulai diberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean, dimana tenaga kerja dari luar negeri bebas untuk mencari pekerjaan di Indonesia. "Ini semua tentu menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, khususnya Siak. Jika kita biasakan membaca, tentu punya wawasan yang luas meskipun tinggal di kampung," jelasnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18062016/2jpg-4844.jpgBupati melihat narasumber Tere Liye sedang memberikan tips bagaimana cara menulis yang baik.

  "Minat membaca buku di perkampungan masih sangat rendah, oleh karena itu melalui Jambore ini diharapkan minat baca ini semakin meningkat. Karena membaca merupakan salah satu cara untuk menambahkan wawasan," jelas Bupati.

Plt Kepala Perpustakaan Nasional Dedi Junaidi menyebutkan, minat baca masyarakat Indonesia masih rendah, itu semua ditandai dengan urutan 60 dari 61 Negara dengan jumlah masyarakat yang gemar membaca. Itu semua didapat berdasarkan hasil penelitian dari 61 Negara dengan jumlah masyarakat yang gemar membaca.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18062016/3jpg-4843.jpgBupati memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik.

Untuk menumbuhkan minat baca bagi masyarakat, kita juga harus menyediakan fasilitas yang memadai untuk menyokong minat masyarakat tersebut. Salah satunya adalah ketersediaan perpustakaan yang layak.

"Peran perpustakaan sebagai suatu lembaga yang menyediakan dan menyajikan informasi menjadi sangat penting, dimana informasi sudah menjadi kebutuhan primer bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali," ucap Dedi.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18062016/4jpg-4842.jpgBupati mengajak Plt Kepala Perpustakaan Nasional untuk menyalami pendongeng cilik asal kecamatan Dayun.

"Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Ibu Hera, karena Kantor Perspustakaan dan Arsip Kabupaten Siak telah mendapatkan Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional," tambahnya.

Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Siak Hera Yulwita mengatakan, kegiatan Jambore Perpustakaan untuk Kampung-kampung ini diikuti 1.000 peserta dari 14 kecamatan yang terdiri dari anak-anak tingkat SD sebanyak 326 orang, remaja tingkat SMP dan SMA sebanyak 410 orang.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18062016/5jpg-4841.jpgBupati Siak Syamsuar melihat langsung bagaimana seorang Penulis ternama Tere Liye membagi tips menulis yang baik kepada pelajar usai membuka Jambore Perpustakaan Kampung.

"Tujuan kegiatan ini untuk menumbuh kembangkan minat dan budaya baca masyarakat, menciptakan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya perpustakaan sebagai gudang dari segala ilmu dan meningkatkan profesionalisme dan kreatifitas bagi petugas Perpustakaan Kampung," tutupnya.(adv)

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18062016/6jpg-4840.jpgPendongeng asal Dayun mencium tangan Bupati.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18062016/7jpg-4839.jpgPendongeng asal kecamatan Dayun membuat terkesima Plt Kepala Perpustakaan Nasional dan Bupati Siak serta narasumber.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18062016/8jpg-4838.jpgSaking kagumnya Bupati Siak Syamsuar mengabadikan pendongen Cilik asal kecamatan Dayun.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18062016/9jpg-4837.jpgSambutan Bupati Siak Syamsuar.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18062016/10jpg-4836.jpgTurut hadir ketua TP PKK Kabupaten Siak Misnarni Syamsuar dan wakilnya Rasidah Alfedri.