SIAK - Program Tali Asih yang digagas Ketua TP PKK Kecamatan Dayun, Ermalisa Natalia ternyata mampu menggerakkan masyarakat yang tergolong mampu untuk turut berpartisipasi mendonasikan dana mereka.

Untuk memudahkan donatur atau siapapun dalam menyalurkan bantuannya, Istri Camat Dayun ini membuka rekening di Bank Riau dengan nomor rekening 163 - 20 - 00638 atas nama Tali Asih PKK Kecamatan Dayun.

"Program ini lahir sebagai wujud kepedulian PKK Kecamatan Dayun terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19," kata Ermalisa kepada GoRiau.com, Jumat (1/5/2020).

Dikatakannya, kebijakan-kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 banyak berdampak pada ekonomi masyarakat menengah kebawah. Bahkan banyak juga yang sampai terkena PHK.

"Oleh karena itu fokus program Tali Asih PKK Kecamatan Dayun adalah memprioritaskan bantuan untuk masyarakat kurang mampu yang terkena dampak oleh kebijakan utk penanganan pencegahan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Saat ini warga Kecamatan Dayun yang berada di rentang 25 persen sampai 40 persen ekonomi terbawah. Tadinya golongan ini hidup mandiri. Namun golongan ini jatuh pada rawan miskin karena terkena dampak kebijakan penangan covid-19.

"Dari donasi yang sudah terkumpul lewat rekening TP PKK Kecamatan Dayun, sudah kami belanjakan untuk membeli paket sembako yang akan disalurkan kepada warga yang terkena dampak kebijakan pemerintah ini," sebut Ermalisa.

Selain dari dana yang masuk ke rekening tersebut, Ermalisa juga mengajak semua PKK Kampung se Kecamatan Dayun dan semua lapisan masyarakat Dayun juga ikut membantu menyumbang.

"Program sosial Tali Asih ini bersifat gotong royong dan swadaya. Dana berasal dari infak/sumbangan/sedekah semua lapisan masyarakat kecamatan dayun yang memiliki kemampuan rejeki lebih baik dan menggugah hati nurani masyarakat dan perusahaan setempat untuk saling berbagi dan peduli terhadap sesama," kata Lisa lagi.

Kemarin Kamis (30/4/2020), TP PKK Dayun bersama Ketua PKK Kabupaten Siak Hj Rasidah menyalurkan bantuan 110 paket sembako dari program Tali Asih PKK Kecamatan Dayun ke 11 kampung se kecamatan Dayun.

"Pada bulan suci ramadan bantuan program Tali Asih diprioritaskan dalam bentuk paket sembako, mengingat masyarakat sedang menjalani puasa dan kebutuhan terhadap bahan pokok sedang meningkat," katanya.

Ketua TP PKK Kabupaten Siak Hj Rasidah sangat mengapresiasi Inisiatif yang telah digagas oleh PKK kecamatan Dayun bekerjasama dengan ketua TP PKK kampung se Kacamatan Dayun yang telah mengumpulkan dana, baik itu bantuan dari masyarakat, ketua PKK kampung, maupun pengurus PKK kecamatan dan pihak swasta.

"Kami berharap inovasi yang telah digagas oleh tim pengerak PKK kecamatan Dayun ini, dapat di contoh oleh TP PKK kecamatan yang lain. Dengan kondsi ekonomi masyarakat sekarang, bantuan yang kita salurkan tentunya dapat membantu meringankan beban mereka yang kurang mampu,"himbaunya.

Ketua TP PKK kecamatan Dayun Ermalisa Natalia menambahkan, bahwa Tali Asih ini merupakan program sosial yang berkelanjutan untuk masyarakat Kecamatan Dayun.

"Ini adalah penyaluran perdana dari program Tali Asih dan diharapkan dengan adanya partisipasi dari semua pihak dan semua lapisan masyarakat kecamatan Dayun program ini akan terus berkembang dan banyak masyarakat yang akan terbantu serta merasakan manfaat dari Program Tali Asih PKK Kecamatan Dayun," katanya.***