MANDAU - Kerusakan Jalan Mawar, Kelurahan Balik Alam, Kecamatan Mandau tuntas dilaksanakan setelah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bengkalis melakukan perbaikan jalan yang merupakan akses penghubung utama di Kecamatan Mandau, Jumat malam (28/5/2022).

Perbaikan dilakukan menyusul instruksi Bupati Bengkalis Kasmarni yang ingin kerusakan ruas Jalan Mawar itu segera diperbaiki. “Perbaikan jalan Mawar merupakan tindak lanjut dari instruksi Bupati. Bupati ingin kerusakan jalan Mawar segera diperbaiki. Perbaikannya menjadi atensi Bupati. Makanya kami langsung lakukan perbaikan dan pemeliharaan karena jalan ini merupakan jalan yang tinggi mobilitas masyarakatnya. Kalau tak segera diperbaikidi khawatirkan membahayakan penguna jalan,” ujar Kadis PUPR, Ardiansyah, Sabtu (28/5/2022).

Disebutkan Ardiansyah, Bupati Bengkalis memang kerab memberi instruksi agar Dinas PUPR maksimal melakukan pemeliharaan Jalan. Salah satu instruksi yang menjadi atensi bupati adalah perbaikan Jalan Mawar Duri yang memang kondisinya sudah mulai mengkhawatirkan itu.

Diungkapkannya, Dinas PUPR memiliki kewenangan melakukan pemeliharaan jalan dan jembatan, baik yang dilakukan secara reguler ataupun melalui mekanisme swakelola. Khusus untuk pemeliharaan Jalan Mawar dilakukan perbaikan dengan sistem swakelola karena sifatnya mendesak.

“Sifatnya penanganan cepat jangka pendek dan tingkat kerusakan yang tidak parah, ” ungkap Ardiansyah.

Ardiansyah juga menyampaikan, disamping perbaikan jalan-jalan penghubung, Bupati Bengkalis juga fokus menuntaskan jalan – jalan poros. Untuk itu Dinas PUPR diminta terus menerus melakukan survei kondisi jalan dan jembatan yang ada agar menjamin kelancaran mobilitas masyarakat.

"Kami diminta terus melakukan survei kondisi jalan demi kelancaran mobilitas masyarakat. Perbaikan Jalan Mawar ini pun tak terlepas dari peran semua pihak. Makanya kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan Mandau, kelurahan dan masyarakat yang selalu aktif memberikan informasi terkait kerusakan jalan yang ada,” ujarnya.

Ardiansyah juga menyampaikan Dinas PUPR juga berupaya maksimal semaksimal mungkin melakukan pemetaan jalan dan jembatan yang akan dilakukan pemeliharaan dan perbaikan. Namun tentunya pemetaan yang dilakukan tidak bisa seketika tapi dilakukan secara bertahap sesuai skala prioritas. ***